Mendiang H. Boy Lestari Datuak Palindih (tengah) semasa hidup, bersama para sahabat.
f: ist
PADANG -- Pada Sabtu (9/1/2020) pagi ini, hampir semua grup whats'app (WA) yang ada di Sumatera Barat dipenuhi kabar duka berpulangnya ke Rahmatullah seorang tokoh ulama panutan, pegiat majelis zikir dan Ketua Gebu Minang Sumbar H. Boy Lestari Datuak Palindih. Sosok yang semasa hidup dikenal banyak kawan dan dermawan ini meninggal dunia pukul 05.50 WIB.

Informasi yang dihimpun www.sumatrazone.co.id, menyebutkan, kabar duka tersiar pertama kali melalui pesan singkat di grup WA Gebu Minang Sumbar. Pesan tersebut ditulis Corry Lestari, anak dari Boy Lestari.

“Innalillahi wa inna illahi rajiun, telah meninggal dunia orang tua kami H. Boy Lestari Dt Palindih pada pukul 05.50 WIB di RS Djamil Padang," demikian tulisnya, Sabtu (9/1/2021) pagi.

Diketahui, almarhum Boy Lestari Datuak Palindih telah lebih 10 hari dirawat di RS karena terpapar Covid-19. Awalnya dirawat di Semen Padang Hospital, lalu seminggu terakhir dirawat intensif karena kritis di RS Djamil Padang, hingga tokoh ulama Sumatera Barat ini pun akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya Sabtu (9/1/2021p pagi ini.

Ini memang duka beruntun dalam keluarga Boy Lestari Datuak Palindih. Sebelum ini, sepekan silam,  istri Boy Lestari juga meninggal dunia karena terpapar Covid-19. Almarhumah dikebumikan di pemakaman keluarga di Batang Kabung, Koto Tangah, Kota Padang.

Boy Lestari Datuak Palindih meninggalkan tiga orang anak yaitu Corry Lestari, Wahyu Lestari dan Sherly Lestari, serta empat orang cucu.

Semasa hidupnya, Boy Lestari adalah pengusaha advertising yang sukses dengan perusahaannya PT Buana Lestari. Belakangan kemudian ia mendirikan hotel, surau Inyiak Palindih dan usaha penitipan mobil di kawasan menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Boy Lestari Datuak Palindih juga bergiat aktif dalam bidang keagamaan dan kemasyarakatan. 

Di bidang keagamaan almarhum adalah pengurus Tarbiyah Islamiyah, dan juga memiliki Majelis Zikir Darussalam. 

Sementara di bidang kemasyarakatan ia adalah Ketua DPW Gebu Minang Sumbar, Ketua Bravo Lima Sumbar dan banyak organisasi lainnya.

Almarhum Boy Lestari Datuak Palindih dikenal dekat dan memiliki jalinan silaturahmi yang erat dengan semua kalangan, mulai dengan tokoh lokal hingga tokoh nasional. 

Dalam mensupport kegiatan organisasi kepemudaan (OKP), organisasi kemasyarakatan (Ormas) dan sejenisnya yang ada di Sumatera Barat, ia juga dikenal sangat getol. Sepanjang bertujuan positif dan demi kemashlahatan ummat, ia selalu siap membantu moril, materil hingga sprituil sesuai kapasitas yang ia miliki.

Bahkan diketahui, almarhum memiliki hubungan baik dengan Presiden Jokowi.

Sebagaimana diketahui, Boy Lestari juga seorang ninik mamak bergelar Datuak Palindih yang diperoleh dari persukuan di kampungnya Canduang Kabupaten Agam, Sumatera Barat. 

(ede)

 
Top