PADANG -- Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumatera Barat (Kemenkumham Sumbar) akan meningkatkan kualitas penyelenggaraan, tugas dan fungsi kemasyarakatan. 

Komitmen tersebut diungkapkan Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya usai upacara Hari Bakti Pemasyarakatan ke-57, Selasa (27/4/2021).

Andika mengatakan, usia 57 tahun ini sudah dewasa. Dengan angka yang sudah dewasa ini diharapkan bisa memberikan perubahan peningkatan kualitas pelayanan, pembinaan warga binaan, serta kualitas keamanan atas pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan itu sendiri.

“Permasalahan ini pasti tidak terlepas dari suatu perjalanan sistem. Hingga hari seluruh jajaran pemasyarakatan, khususnya di Sumbar, untuk mengantisipasi permasalahan yang timbul,” ujar Andika.

Dikatakan, permasalahan ini khususnya, gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi di rutan dan lapas di Sumbar.

Niat pelaku kejahatan narkoba hingga hari ini masih terus dilakukan oleh penjahat tersebut, dengan melibatkan pihak yang ada di Lapas dan rutan.

“Sejak awal tahun jajaran pemasyarakatan Sumbar membuat komitmen dan Insya Allah konsisten serta nyata sudah terbukti bahwa kami sudah berhasil beberapa penggagalan upaya penyelundupan narkoba ke dalam lapas dan rutan. Terakhir di Rutan Padang, bukti mereka (pelaku-red) sudah tidak bisa menembus sehingga barang bukti diletakkan begitu saja di halaman,” katanya.

Dikatakan, tahun ini adalah sesuai komitmen Kanwil Kemenkumham Sumbar sebagai tahun prestasi, ternyata terwujud. Hal itu dibuktikan, dua unit pelaksana teknis pemasyarakatan berhasil meraih peringkat terbaik nasional.


Pertama Lapas Terbuka Pasaman, meraih peringkat terbaik satu dalam kategori pembinaan warga binaan pemasyarakatan terbaik di Indonesia.

Kedua, Lapas Kelas III Suliki, sebagai lapas dengan pelayanan terbaik kedua makan dan minum bagi narapidana se-Indonesia.

“Penilaian ini langsung oleh pusat dengan hal-hal yang telah ditetapkan standarnya,” ujarnya.

Andika mengatakan, ke depan pihaknya akan berupaya maksimal. Kalau bisa semua kategori penilaian, Sumbar bisa meraihnya. Tentunya ini tidak mudah dan butuh perjuangan.

“Kami mohon bantuan dari insan pers mendorong seluruh unit pelaksana teknis yang berjumlah 26 bisa berprestasi. Makin meningkatkan kualitas pelayanan optimal dan maksimal. Sesuai dengan juga tahun ini tema hari bakti Pemasyarakatan Akselarasi Adaptasi Pemasyarakatan Pasti Maju. Artinya, pemasyarakatan menjadi garda terdepan Indonesia maju,” tutupnya.

#adv




 
Top