PADANG - Pengusulan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri menggantikan Jenderal Pol. Idham Aziz oleh Presiden RI Joko Widodo mendapat dukungan dari seorang rektor perguruan tinggi negeri (PTN) dan seorang tokoh agama di Padang, ibukota Provinsi Sumatera Barat. 

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri, Ph.D memberikan dukungan penuh terhadap  yang diusulkan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk menjadi Kapolri.

Ia menilai, diusulkannya Komjen Pol Listyo Sigit merupakan hak presiden untuk memilih yang terbaik, dan dari segala aspek penilaian yang telah dipertimbangkan.

"Karena presiden mempunyai hak prerogatif dan segala pertimbangan dan kondisi kedepan. Dan inilah kader pimpinan polri terbaik dimasa kepemimpinan yang akan datang," ucap Ganefri, Kamis (14/1/2021).

Menurutnya, penunjukan Komjen Pol Listyo Sigit menjadi Kapolri sudah dalam  jalurnya, dimana saat ini ia menjabat Kabareskrim yang merupakan juga pilihan dan sudah melalui seleksi. 

"Saya kira dengan posisi sebagai Kabareskrim, itu juga sudah kader terbaik dari Polri yang dipercaya. Sehingga pak presiden sudah pas menunjuknya," ujar Rektor UNP tersebut. 

Selaku perwakilan akademisi di Sumbar, Ganefri berharap DPR RI dapat menyetujui apa yang dipilih oleh presiden terkait calon Kapolri. "Karena ini adalah pilihan terbaik dari proses seleksi internal yang dilakukan oleh presiden," ungkapnya. 

Oleh karenanya, Ganefri sangat mendukung siapa saja Kapolri yang ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo.

"Kita berikan dukungan sepenuhnya," pungkasnya. 

Terpisah, salah satu tokoh agama di Kota Padang, Drs. Safwan Dira menyambut positif penunjukan calon tunggal Kapolri oleh Jokowi. 

"Perlu kita dukung, saya yakin dan percaya apa yang ditunjuk oleh bapak presiden itulah yang terbaik," katanya, Kamis (14/1/2021).

Buya Safwan, demikian ia biasa disapa, menyebut, penunjukan calon Kapolri yang dilakukan oleh presiden tentunya sudah berdasarkan pantauan dan pengkajian untuk mencari yang terbaik dari yang baik, dan tentunya akan didukung.  

"Orang yang membantu kita, pastinya akan kita dukung dan bantu," jelas Safwan. 

Dirinya berharap, calon Kapolri yang baru ini dapat selalu membantu dan menjaga situasi keamanan di negeri ini dalam keadaan aman dan kondusif.

"Mudah-mudahan apa yang menjadi cita-cita kita juga menjadi cita-cita beliau," pungkasnya.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo menyodorkan nama Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, S.Ik. M.Si menjadi calon tunggal Kapolri ke pimpinan DPR. 

Komjen Pol Sigit saat ini diketahui menjabat sebagai Kabareskrim Polri yang di bawah pimpinannya banyak mengungkap kasus besar dan menyedot perhatian publik. 

Tidak hanya itu, pembenahan internal juga terus digalakkan Komjen Pol Listyo di tubuh korps reserse Polri tersebut.

(rfz/ede)

 
Top