JAKARTA. Pemerintah terus berupaya mengoptimalkan pasar ekspor meski masih saat ini sedang pandemi virus corona (Covid-19). Salah satunya dengan menyelesaikan beragam perjanjian dagang.

Kementerian Perdagangan (Kemdag) menargetkan penyelesaian perjanjian dagang sepanjang tahun ini. "Terdapat sekitar 11 on-going negotiations yang akan kami lakukan, salah satunya yang paling besar dengan EU - Indonesia CEPA, yang sedang masuk dalam ronde ke-10 perundingan yang, rencananya dalam waktu dekat ini akan kami lakukan perundingannya," ujar Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga dalam gelar konferensi pers secara hybrid di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (11/1/2021).

Konferensi pers kali ini selain terkait isu-isu perdagangan terkini, sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan perkenalan Menteri Perdagangan yang baru, Muhammad Lutfi, dengan para awak media. 

Selain itu ada beberapa negosiasi dagang dengan berbagai negara di forum bilateral yang masih tahap negosiasi. Seperti dengan negara Turki, Pakistan, Bangladesh, Iran, Tunisia dan lain-lain.

Sumber: kontan/f: humaskemendag


 
Top