Tanah Datar-Penguatan penyebarluasan informasi pembangunan di masing-masing OPD perlu mendapat perhatian agar publik mengetahui pelaksanaan kegiatan. Demikian disampaikan Bupati Tanah Datar diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekobang Zulkifli SR saat membuka Sosialisasi Penyebarluasan Informasi bagi SKPD di lingkup pemerintah Kabupaten Tanah Datar, Selasa (24/10) di Aula Kantor Bupati Tanah Datar.

"SKPD sebaiknya menginformasikan program/kegiatan yang dilaksanakan melalui saluran informasi yang tersedia sehingga masyarakat juga tahu dengan kegiatan-kegiatan yang ada," pesan Zulkifli di depan peserta yang berasal dari perwakilan SKPD.

Zulkifli juga menyampaikan kegiatan ini bersifat strategis disebabkan di era keterbukaan informasi, data dan informasi harus disajikan kepada publik yang disediakan di website maupun secara manual.

Manfaatkan website pemerintah daerah dan radio, media sosial ataupun sarana lain pesan Zulkifli, untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan ataupun informasi yang berguna bagi masyarakat.

Dikatakan juga, keberadaan Bagian Humas dan Dinas Kominfo sebagai corong pemerintah daerah harus didukung oleh seluruh SKPD untuk pengayaan variasi informasi.

Ditambahkan, sebagai dasar untuk bisa mempublikasikan kegiatan di masing-masing SKPD, peserta harus membiasakan menulis. "Bagi peserta yang nantinya ditunjuk sebagai kontributor penyebarluasan informasi harus membiasakan menulis minimal bisa menyampaikan informasi dalam bentuk berita singkat," ucap Zulkifli.

Sebelumnya Ketua Pelaksana Erizal Ramli dalam laporannya menyampaikan sosialisasi yang dilaksanakan sehari penuh bertujuan memperkuat SKPD dalam menyebarluaskan informasi di masing-masing.   

"Pemerintah daerah memiliki sarana penyebarluasan informasi berupa website, radio pemda, facebook, twitter yang bisa diakses oleh masyarakat ," terang Erizal.

Disebutkan peserta yang telah diusulkan dari masing-masing SKPD akan ditetapkan sebagai kontributor penyebarluasan informasi di Kabupaten Tanah Datar.

Adapun Materi yang diberikan di antaranya Teknik Wawancara yang disampaikan Kabid IKP Kominfo Mustafa Akmal, Teknik Penulisan oleh Ketua PWI Tanah Datar Yusnaldi, Pemanfaatan Website oleh Kasi Pengembangan Aplikasi Sugesti Permana dan Pengelolaan Komunikasi Publik oleh Kabid Pariwisata oleh Yendra Aprilla. (Wn/Reni)
 
Top