Payakumbuh,Terobos-Dalam rangka hari kesehatan nasional yang ke 53 dengan tema ”Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku" Pemerintah kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan kota Payakumbuh gelar lomba penyuluhan antar kader Puskesmas, siswa sekolah dan pengabdian masyarakat dengan melakukan pemeriksaan IVA di halaman Dinas tersebut Payakumbuh Selatan, Senin (23/10).

Dijelaskan Kepala Dinas Kesehatan kota Payakumbuh, Elzadaswarman, bahwa upaya deteksi dini kanker pada perempuan bisa berupa skrining kanker leher rahim dengan metode inspeksi visual menggunakan asem asetat (IVA).

"Prevalensi kanker di Indonesia perlu dicermati dengan tindakan pencegahan dan deteksi dini yang dapat dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan seperti klinik, puskesmas, dan rumah sakit," ujar Elzadaswarman.

“Kasus kanker yang ditemukan pada stadium dini dan didukung penanganan yang cepat bakal memberikan kesembuhan dan harapan hidup lebih lama terhadap penderita. Terkait hal itu, lanjut dia, pemeriksaan IVA harus dilakukan secara berkala sebagai salah satu upaya pencegahan," ungkapnya.
Ditambahkannya, ”masyarakat tidak perlu takut melakukan pemeriksaan. Sebab hasil yang diperoleh justru dapat menjadi parameter terhadap penanganan selanjutnya. Deteksi dini kanker akan membawa dampak positif untuk masyarakat," pungkas Elzadaswarman.

Dalam kegiatan ini juga dihadiri Kajari Payakumbuh Nur Tamam, SH beserta keluarga besar Kejaksaan Payakumbuh. (yon).

 
Top