JAKARTA -- Video Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Tri Rismaharani alias Risma sedang joget tanpa masker beredar di media sosial dan grup WhatsApp (WA).

Pada sebagian video yang beredar ada narasi bahwa Risma, Mahfud dan Tito mengabaikan protokol kesehatan.

Tiga menteri Jokowi itu disebut mengabaikan larangan berkerumun, tidak menjaga jarak dan tidak memakai masker.

Penelusuran awak media pada Selasa (5/1/2021), video tersebut merupakan video lama, sehingga masyarakat diharapkan tidak termakan informasi hoax.

Video itu diambil pada akhir Januari 2020, sebelum virus corona atau Covid-19 masuk ke Indonesia.

Dikutip dari Jawapos.com, video itu diambil pada 31 Januari 2020 usai rapat koordinasi bersama Menko Polhukam Mahfud MD dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta kepala daerah se-Jatim.

Saat itu, Mendagri Tito Karnavian ke atas panggung menyanyikan lagu Gemu Fa Mi Re.

Tito mengajak hadirin untuk ikut menari Maumere. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang sedang berdiri spontan ikut menari.

Pada saat Risma menari dengan penuh semangat, orang-orang di sekitarnya ikut menari sebisanya. Ada Ketua DPRD Surabaya Adi Sutarwijono, Sekretaris Daerah Surabaya Hendro Gunawan, Kepala Bappeko Eri Cahyadi, Kepala Dispendukcapil Agus Imam Sonhaji, Kepala BPD Linmas Eddy Christijanto, serta Kepala Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah Kanti Budiarti. Mereka terlihat bergerak sebisanya. Terkesan agak kaku.

Berbeda halnya dengan Risma yang terlihat hafal gerakan lagu yang diciptakan Frans Cornelis Dian Bunda alias Nyong Franco dari Maumere itu. Ia jauh lebih atraktif.

Beberapa orang yang ingin berfoto bersama Risma jadi ikut bergoyang-goyang mengikuti irama lagu. Termasuk berputar-putar mengikuti irama Gemu Fa Mi Re. Senyum Risma terlihat mengembang.

Saat tengah asyik bergoyang itu, Risma yang memang menari di sela kursi diminta minggir oleh sejumlah pria berbadan kekar. Rupanya, Menko Polhukam Mahfud MD akan melewati jalur tersebut. Namun, Risma masih asyik saja menari.

Ketika sampai di dekat Risma, Mahfud MD ternyata juga ikut menari. Secara spontan, Mahfud memegang kedua tangan Risma seolah dansa berpasangan. Tak lama, Mahfud pun berlalu, berjalan ke arah luar aula.

Momen itu tidak lebih dari setengah menit. Namun, keceriaan begitu terlihat dari wajah-wajah mereka. Namanya juga tarian, sontak membuat suasana jadi lebih riang gembira.

”Iya (suka lagu Gemu Fa Mi Re, Red) menggeh-menggeh,” ungkap Risma setelah menari.

Tarian tersebut berhenti saat para kepala daerah yang hadir diminta untuk berfoto bersama di panggung.

Risma mengungkapkan bahwa dirinya punya kenangan khusus tentang lagu Gemu Fa Mi Re. Dia menceritakan ada pertemuan ketua OSIS se-Indonesia di Surabaya.

”Aku ngomong kepada semua, gantian anak Papua yang nyanyi,” tutur Risma kala itu.

Pada saat diberi kesempatan untuk bernyanyi, anak-anak Papua tersebut menyanyi Gemu Fa Mi Re. Yang didengar Risma saat itu, lirik lagu tersebut lebih banyak bilang ke kiri.

”Saya tanya Pak Fikser, memang lagunya ke kiri. Waktu itu tidak ada ke kanan. Sekarang ada ke atas ke bawah tadi Pak Tito, ke depan ke belakang,” ujar Risma.

Berikut ini video Risma, Mahfud MD dan Tito Karnavian joget Gemu Fa Mi Re:



Sumber: pojoksatu

 
Top