PADANG -- Tiga penumpang Sriwijaya Air SJ 182 yang terjatuh di kawasan perairan Kepulauan Seribu berasal dari Sumatera Barat (Sumbar). Dua dari Kabupaten Tanah Datar, satu lainnya dari Kota Padang.

Dua penumpang atas nama Faizal Rahman dan Asy Habul Yamin merupakan kakak beradik, mereka berasal dari Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar.

Sementara penumpang atas nama Angga Fernanda Afriyon diketahui berasal dari Kota Padang. Ketiga warga asal Sumbar ini masuk dalam manifes 62 orang penumpang pesawat tujuan Jakarta-Pontianak tersebut.

Betri Yanti (41), salah seorang keluarga dari penumpang bernama Angga, memaparkan bahwa Angga merupakan putra kedua dari kakak laki-lakinya bernama Oyon, warga Sungai Sapiah, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.

“Angga di Kalimantan bekerja di bidang pelayaran, sebelumnya dia merupakan lulusan sekolah SMK Pelayaran di Padang,” ungkap Bertri kepada awak media, Sabtu (9/1/2020) malam.

Menurut Betri, kejadian jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 182 diketahui setelah melihat pemberitaan di televisi, menyusul telepon dari salah seorang kerabat yang mengabarkan bahwa nama Angga ada dalam daftar penumpang. 

Betri kemudian memastikan kabar tersebut dengan menghubungi kakaknya Oyon. "Beliau membenarkan bahwa penumpang itu memang Angga anaknya,” jelasnya.

Sebelumnya, Wali Nagari Gurun, Hanisben, kepada awak media setempat juga membenarkan dua penumpang pesawat lainnnya berasal dari Tanah Datar. Bahkan keluarga penumpang merupakan besannya.

Informasi Faizal Rahman dan Asy Habul Yamin masuk dalam daftar penumpang pesawat diketahuinya dari grup WhatsApp (WA) keluarga.

“Memang masuk dalam manifes. Jadi kabarnya sebelum magrib saya sudah dapat cerita dari keluarganya, dari Pak Masrizal (ayah penumpang). Anaknya memang pergi ke Jakarta dan naik pesawat itu,” jelasnya.

Keluarga kedua penumpang diketahui telah lama merantau dan meninggalkan kampung halaman. Keluarga ini membuka usaha toko pakaian. 

(bin/oel)

 
Top