PADANG -- Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kota Padang. Dinihari tadi (Jumat, 8/1/2021), sedikitnya 10 petak rumah semi permanen di kawasan GOR Haji Agus Salim Padang hangus dilalap si jago merah. 

Informasi yang dihimpun media ini menyebutkan, peristiwa kebakaran berlangsung mulai pukul 01.20 WIB hingga menjelang adzan Subuh. 

Sekitar 10 rumah semi permanen yang terbakar berada di jalan Siak, Kelurahan Rimbo Kaluang, Kecamatan Padang Barat. Posisinya persis di belakang Sekolah Menengah Teknologi Informasi (SMTI) dan juga tidak jauh dari pagar belakang SMA 2 Padang.

Kabid Ops Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang, Basril, mengungkapkan, peristiwa kebakaran terjadi ketika para penghuni rumah tengah tertidur lelap.

“Kita dapat informasi dari warga, sekitar pukul 01.20 WIB, hingga pukul 02.30 WIB kebakaran ini masih berlanjut, kita masih berjibaku memadamkan api,” ujarnya kepada awak media di lokasi kejadian, Jumat (8/1/2021).

Untuk memadamkan api, kata Basril, Damkar Kota Padang menerjunkan sebanyak sepuluh unit mobil pemadam kebakaran, mobil itu dari Pos Pemadam Kota Padang.

“Pemadaman kita lakukan dengan sistem isolasi, karena lokasi kebakaran merupakan rumah padat penduduk. Kita perkirakan sekitar pukul 03.00 WIB api sudah dapat dipadamkan,” ungkapnya.

Sementara, untuk memadamkan api, kata Basril, Damkar Kota Padang juga menerjunkan satu unit armada water supply, karena sumber air di sekitar lokasi sulit didapatkan. Selain itu, akibat banyaknya warga yang menonton, proses pemadaman sedikit menghambat langkah petugas memdamkan api.

“Kalau aliran listrik, sekarang masih hidup, kita sudah kontak PLN dan travo sudah dimatikan, sehingga petugas sudah bisa menerobos titik api untuk dapat dipadamkan,” ucapnya.

Data sementara, jelas Basril, tidak ada dilaporkan korban jiwa dalam peristiwa yang rekaman videonya telah beredar luas di sosial media ini. Sementara untuk kerugian dan penyebab kebakaran, diserahkan sepenuhnya ke pihak kepolisian untuk penyelidikan lanjut. 

(pkt/ede)


 
Top