BANDARLAMPUNG -- Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi mengharapkan pertumbuhan ekonomi Lampung dapat terus bertahan menjadi yang tertinggi se-Sumatera. 

"Pertumbuhan ekonomi yang saat ini menjadi terbesar se-Sumatera diharapkan bisa terus dipertahankan dengan mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bersinergi," kata Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, di Bandar Lampung, Kamis (5/8/2021)

Menurutnya, seluruh sektor saat ini sangat dibutuhkan sebagai penunjang bertahannya pertumbuhan ekonomi di Lampung.

"Salah satunya kita juga ingin mendorong harus menjalankan prinsip program pembangunan yang ekonomi kerakyatan agar terus menunjukkan hal yang menggembirakan," jelasnya.

Sebab, karena pertumbuhan tidak hanya batas standar karena Lampung juga mengungguli 10 provinsi di Sumatera.

"Karena ini adalah kerja keras kita bersama, oleh karena itu kita tidak boleh lalai. Harus mampu mengendalikan dan menjalankan prinsip-prinsip program pembangunan yang menumbuhkan ekonomi terutama ekonomi kerakyatan," jelasnya.

Ekonomi kerakyatan selama ini belum menunjukkan hal yang menggembirakan, karena jika dibandingkan potensi ke wilayahan, Lampung sebagai daerah penghasil komoditi pertanian, perikanan, peternakan, tapi belum mengangkat kondisi provinsi yang menjadi unggulan karena tata kelolanya dan kemudahan yang diberikan.

"Kami akan terus koordinasi dengan bupati/Wali kota terutama daerah kabupaten yang menurut saya sangat menentukan, karena objek pembangunan ada di kabupaten," katanya.

Ia juga terus melihat SDA yang bagus, pusat ekonomi dekat, pertanian tetap berjalan. "Kalau Ekonomi bagus, kesehatan bagus, pendidikan bagus, infrastruktur akan bergantung pertumbuhan ekonomi yang artinya penerapan anggaran akan tepat," kata Arinal.

Ia berpesan, agar tumbuhkan terus ekonomi, agar konektivitas tumbuh. "Saya berharap kedepan ini menjadi unggulan yang tidak khayalan. Ketika kita dapat penilaian inilah adanya, saya harap tidak turun lagi, tapi harus meningkat," tegasnya.

#rel/bin





 
Top