PADANG - Jajaran Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota (Prokopim Setdako) Padang disambangi oleh Komisi I DPRD Kota Padang, Kamis (17/12/2020).

Kunjungan rombongan Komisi I DPRD Kota Padang yang dipimpin Ketua Komisi Elly Thrisyanti itu adalah dalam rangka meninjau secara langsung kinerja Bagian Prokompim Setdako Padang melalui program dan kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan oleh corong informasi kegiatan Pemko Padang tersebut.  

Rombongan wakil rakyat tersebut disambut hangat Kepala Bagian Prokopim Amrizal Rengganis yang diwakili Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Protokol Suzi Helda dan Plt Kasubbag Dokumentasi dan Publikasi Pimpinan Betti Dasaisa. 

Kedua pihak menggelar pertemuan yang dilangsungkan di Ruang Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Padang, Komplek Perkantoran Balaikota Padang Aie Pacah.

Ketua Komisi I Elly Thrisyanti mengatakan, kunjungan kali ini merupakan bagian dari pengawasan yang dilakukan oleh Komisi I DPRD Kota Padang terhadap OPD-OPD yang ada di lingkup Pemko Padang. 

"Selaku membidangi pemerintahan, kita dari Komisi I tentu meminta OPD-OPD di lingkup Pemko Padang bekerja maksimal dan profesional. Seperti kali ini pada Bagian Prokopim Setdako Padang kita harapkan bisa melakukan kegiatan keprotokolan, komunikasi pimpinan serta dokumentasi dan publikasi kegiatan pimpinan secara maksimal. Kita memang melihat sejauh ini kinerjanya telah cukup baik, semoga ke depan lebih baik lagi," ungkap Elly Thrisyanti mengapresiasi.

Dalam kesempatan itu, rombongan Komisi I DPRD Kota Padang terlihat hadir lengkap, terdiri dari Wakil Ketua Komisi I Mur Ikhwan, Sekretaris Komisi I Salisma serta sejumlah anggota yakni Pun Ardi, Ja'far, Manufer Putra Firdaus, Budi Syahrial, Rustam Efendi dan Jumaidi.

Elly melanjutkan, pada kunjungan kerja kali ini pihaknya juga ingin mengetahui manajemen dan strategi pengelolaan Bagian Prokopim. Dalam hal ini khususnya terhadap mitra kerjanya yakni media massa. 

"Di samping pengelolaan kinerja seperti  sumber daya manusia (SDM) dan sarana-prasarananya, kita juga ingin mengetahui pengelolaan keuangan yang dilakukan di salah satu OPD corong informasi Pemko Padang ini. Alhamdulillah, dalam pertemuan ini kita mendapatkan jawaban yang detail dan jelas dari pihak Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Padang. Kita tentu berharap, kinerja mereka lebih maksimal lagi ke depan terutama tetap menjaga profesionalitas," ujar wakil rakyat dari fraksi Partai Gerindra tersebut.

Sementara itu, Plt Kasubbag Dokumentasi dan Publikasi Pimpinan Betti Dasaisa menanggapi setiap pernyataan dan pertanyaan yang dilontarkan para legislator yang tergabung dalam Komisi I DPRD Kota Padang tersebut.

Betti menjelaskan Bagian Prokopim Setdako Padang merupakan nomenklatur baru dari Bagian Humas Setdako Padang, yang dikukuhkan pada 24 Februari 2020 lalu mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.56 Tahun 2019 tentang Pedoman dan Nomenklatur Unit Sekretariat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan merupakan gabungan antara Sub Bagian Protokol yang sebelumnya berada di Bagian Umum dan Bagian Humas yang sebelumnya merupakan OPD tersendiri," terang perempuan energik tersebut.

Betti mengungkapkan bahwa dalam menunjang kinerja serta tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) Bagian Prokopim tidak terlepas dari kemitraan dengan media massa. Dipaparkan juga tentang saluran apa saja yang dipakai selama ini untuk mempublikasikan kegiatan pimpinan, pencapaian kinerja kepala daerah, serta program dan kegiatan pembangunan di Kota Padang.

"Alhamdulillah, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada rombongan Komisi I DPRD Kota Padang yang telah menyambangi kita kali ini. Insya Allah setiap masukan dan saran yang diberikan akan kita sikapi dan tindaklanjuti, demi kebaikan dan kemajuan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Padang ke depan," pungkas Betti seraya diiyakan Kasubbag Protokol Suzi Helda.

(vid)

 
Top