Kombes Pol. Satake Bayu, SIK
kabid Humas Polda Sumbar
PADANG -- Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) akan menggelar operasi kepolisian terpusat dengan sandi “Operasi Lilin Singgalang 2020”. Operasi tersebut dalam rangka memberikan pengamanan saat Natal dan Tahun Baru 2021 (Nataru).

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Satake Bayu Setianto mengatakan, operasi yang berlangsung selama 15 hari tersebut mengerahkan ribuan personel dari Polda Sumbar dan Polres sejajaran.

“Operasi Lilin Singgalang 2020 akan dimulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga 04 Januari 2021, dengan personel yang dilibatkan sebanyak 3.173 personel,” kata Kabid Humas, Selasa (15/12/2020) usai Rakor Lintas Sektoral di Mapolda Sumbar.

Dikatakan, selama operasi berlangsung pihaknya mendirikan sebanyak 63 buah pos, terdiri dari Pos Pengamanan 38, Pos Pelayanan 24 dan 1 buah Pos Terpadu yang terletak di kawasan wisata Jam Gadang kota Bukittinggi. 

“Selain melibatkan personil Polri, operasi ini juga mengikutsertakan jajaran TNI serta instansi terkait lainnya demi terciptanya kelancaran Natal dan Tahun Baru,” sebutnya.

Kombes Pol Satake juga menegaskan, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, pihaknya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang menikmati hari libur dengan berkunjung tempat objek wisata di wilayah Provinsi Sumatera Barat untuk selalu mengikuti protokol kesehatan (prokes) agar meminimalisir dan mencegah penularan virus corona.

“Kami imbau untuk tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan serta patuhi Perda Provinsi Sumbar nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru. Jika melanggar akan mendapatkan sanksi sesuai Perda tersebut,” tegasnya. 

Sumber: Bidhumas Polda Sumbar

 
Top