MAROS, SULSEL -- Sejak Minggu (6/6/2021) lalu, seorang wanita pendaki, Eva (24), hilang di Gunung Abbo, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel). Sekitar 100 orang yang tergabung dalam SAR gabungan kini terus mencari korban. 

Rekan Eva, Ica, kepada awak media, mengatakan, banyak hal aneh yang terjadi setelah Eva hilang di Gunung Abbo. Seperti ia sempat kesurupan.

"Tidak lama setelah hilangnya Eva, saya kesurupan. Selama pendakian, berbagai kesalahan memang pernah kami lakukan, dalam bahasa Makassar disebut dentong," lanjutnya.

Kesalahan-kesalahan atau dentong dimaksud Ica seperti buang air atau pipis di sungai yang notabene merupakan sumber air yang digunakan hampir 70% warga yang bermukim di lereng dan di bawah Gunung Abbo.

"Selain itu kami juga lupa diri dan tidak memberi salam saat menginjakkan kaki di sini," beber Ica, Selasa (8/6/2021).

Tak hanya itu, saat Ica mencoba mencari di titik hilangnya Eva, ia pun merasakan aura negatif yang sangat kuat, seperti mencoba mengurungnya.

"Ada juga namanya kak Akbar, dia menggambar jalur di tangannya dan mengatakan kalau Eva berada di tengah-tengah, namun tidak bisa dilihat oleh mata telanjang," terangnya.

Dengan kejadian mistis yang dialami tersebut, mereka pun turun ke pemukiman warga dan meminta pertolongan.

Dengan bantuan warga, Susan diantar menuju rumah salah seorang dukun.

"Dukun tersebut mengatakan kalau Eva masih berada di lokasi, namun sedang disembunyikan (oleh makhluk halus) sehingga tidak bisa dilihat," lanjutnya.

Dukun tersebut, diminta untuk menyediakan 2 butir telur, ayam kampung 2 ekor dan pisang satu sisir.

Seserahan tersebut dibawa serta dalam proses pencarian oleh satgas siang tadi.

Rencananya dua ekor ayam tersebut akan dilepas liarkan di lokasi tersebut.

Diharapkan dengan pelibatan dukun tersebut, Eva dapat segera ditemukan dalam keadaan selamat.

#tnc/oel



 
Top