LUMAJANG, JATIM -- Menindaklanjuti perintah Presiden Jokowi, Kementerian PUPR melalui balai-balai di Provinsi Jawa Timur menyalurkan sarana dan prasarana (sarpras) tanggap darurat bencana alam erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Upaya tanggap darurat dilakukan dengan mengerahkan sumber daya dan personel di lapangan. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dalam masa tanggap darurat, yang paling penting adalah ketersediaan prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi untuk keperluan sehari-hari bagi para korban dan pengungsi. 

Saat ini sejumlah alat berat telah dikerahkan untuk penanganan infrastruktur yang rusak seperti 1 unit excavator, 1 unit loader, 2 dump truck, dan perlengkapan tambahan berupa 1 set lighting lamp, 1 unit MTA dan alkon, 2 drum solar serta oli hidrolik dan oli mesin. 

Langkah tanggap darurat juga dilakukan untuk memulihkan konektivitas dengan mengerahkan 3 unit loader, 1 unit grader, 4 unit excavator, 1 unit dozer, 4 unit dump truck dan 1 unit water tank kapasitas 5.000 liter.

Selain itu, telah disalurkan sarana dan prasarana air bersih dan sanitasi bagi pengungsi dan masyarakat terdampak yang mencakup 10 unit Hidran Umum (HU) kapasitas 2.000 liter,  4 unit Mobil Tangki Air (MTA) kapasitas 4.000 liter, 6 unit tenda hunian darurat, 1 mobil toilet, dan dukungan 10 personel tanggap darurat.

#bin/oel




 
Top