JAKARTA -- Wakil Gubernur  Sumatera Barat, Nasrul Abit, menghadiri pelantikan beberapa orang Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Periode 2014-2019, di Jakarta, Selasa (28/3/2018).

MPR sebagai salah satu lembaga tinggi Negara memiliki peran sangat penting. Bersama dengan lembaga DPR, MPR merupakan lembaga yang menampung suara rakyat dan merupakan lembaga yang memiliki kekuasaan legislatif di Indonesia.

Wagub Nasrul Abit mengatakan hal itu di sela-sela acara pelantikan yang berlangsung di Gedung Utama DPR RI. 

Wakil Ketua MPR RI yang baru dilantik yaitu Ahmad Basara berasal fraksi partai PDI-P, Ahmad Muzani berasal dari fraksi parta Gerindra, dan Muhaimin Iskandar yang berasal dari frasi partai PKB.

Wagub Nasrul Abit mengucapkan selamat dan sukses memgemban amanah dan tugas kepada para wakil rakyat yang baru dilantik. 

"Semoga Allah Swt selalu memberikan lindungan kepada bangsa dan negara Indonesia ini," harapnya.

Sama seperti lembaga-lembaga kenegaraan lainnya, tentu saja MPR memiliki banyak sekali tugas, fungsi serta kewenangan yang berkaitan dengan kegiatan operasional suatu negara, baik dari segi legislatif dan maupun eksekutif.

Saat ini, MPR lebih banyak berperan pada fungsi legislatif, yang mengawasi kegiatan eksekutif,  Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Wakil Ketua MPR RI yang baru tentu bisa memperkuat fungsi MPR dan meningkatkan pengawasan kepada jalannya pemerintahan sehingga semua unsur pemerintahan dapat bersinergi dalam membangun dan mensejahterakan masyarakat Indonesia. Demikian harapan Wagub Nasrul Abit.

(rel/zar/ard)
 
Top