PADANG -- Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Barat kembali menyelenggarakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang sedianya diselenggarakan di aula Bank Nagari, 13-14 April 2018. 

Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus, Rabu (21/3/2018), menyebutkan, pendaftaran sudah dibuka mulai berita ini diberbitkan dan ditutup sampai 9 April mendatang.

Persyaratan di antaranya, harus ada surat rekomendasi dari pemimpin redaksi (pemred) media bersangkutan, baik cetak, online maupun elektronik.

Syarat lainnya, media pemberi rekomendasi telah terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal itu dimaksudkan, agar nantinya wartawan yang telah lulus, tidak lagi bermasalah dalam menerbitkan kartu UKW-nya dari pusat.

“Jadi bagi kawan-kawan yang ingin mendaftar harus ada surat rekomendasi dari pemred masing-masing media, dan media bersangkutan sudah terferivikasi administrasi dari Dewan Pers,” ujar Heranof yang juga wartawan RRI tersebut.

Sebelum mengikuti UKW, para peserta bakal dibekali pra UKW pada Kamis (12/4/2018). Hal itu dimaksudkan agar para peserta ujian untuk kategori Wartawan Muda, Madya dan Wartawan Utama lebih rileks menghadapi ujian. "Diharapkan seluruh peserta lulus," ujar Heranof.

Saat pra UKW peserta juga dibekali pembekalan tentang Kode Etik Jurnalistik, UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan organisasi PWI.

Diakui Heranof, tugas wartawan sebagai penyambung aspirasi rakyat sangat berat. Untuk itu perlu peningkatan kemampuan teknis jurnalistik. 

“Melalui uji kompetensi wartawan akan terjadi proses seleksi terhadap insan pers, mana wartawan yang sungguh-sungguh dan wartawan yang asal-asalan,” katanya.

Mengikuti UKW yang diselenggarakan PWI Sumbar merupakan keharusan bagi seluruh anggota supaya lebih profesional menjalankan tugas. Sekitar 700 wartawan yang tercatat sebagai anggota PWI di Sumbar, sekitar 45 persen sudah lulus UKW dengan tiga tingkatan, Wartawan Muda, Madya dan Wartawan Utama.

Program sertifikasi wartawan merupakan salah satu upaya yang dilakukan PWI untuk meningkatkan profesionalisme wartawan di tengah masyarakat. 

“Kami harapkan kepada kawan-kawan, khususnya anggota PWI yang belum UKW terutama di daerah supaya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini, supaya lebih profesional menjalankan tugas seharian,” ujarnya.

Bagi yang berminat, PWI sudah membuka pendaftaran di sekretariat PWI Sumbar Jalan Bagindo Aziz Chan No. 8 A Padang. Atau kontak person ke Kepala Sekretariat atas nama Nely HP/WA :081363837575.

(rel/ede)
 
Top