LIMAPULUH KOTA, SUMBAR -- Komandan Korem 032/Wirabraja, Brigjen TNI Mirza Agus, SIP, mengajak segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan eksistensi lahan tidur menjadi lahan produktif. Pihaknya 100 persen mendukung program ketahanan pangan di Sumatera Barat, walaupun capaian di provinsi ini masih di bawah target.

"TNI sangat mendukung pemanfaatan lahan tidur oleh masyarakat Sumbar, lalu diolah menjadi budidaya jagung selaras dengan program pemda, sehingga tercapai target," ungkap Danrem pada acara Panen Jagung yang mengusung tema "Modernisasi Pertanian 'Rang Mudo Manaruko", di Desa Sarilamak, Jorong Buluh Kasok , Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumbar, Minggu (22/4/2018). Bersama Danrem Mirza Agus, juga hadir Gubernur Sumbar Irwan Prayitno beserta istri.

Lebih lanjut Danrem mengungkapkan rasa senang sekaligus bangga atas inisiatif  pemanfaatan lahan tidur oleh sekelompok pemuda kreatif yang berhimpun dalam wadah Gerakan Pemuda Tani (Gempita).

"Kementerian terkait tentunya juga sangat senang melihat para pemuda turun ke sawah dan ke ladang. Jika mengelola sawah dan ladang dengan baik, pendapatan bisa mengalahkan pegawai negeri. Cukup konsentrasi pada tanaman padi dan jagung saja, akan nampak perbandingan bahwa siklus panen jagung lebih cepat ketimbang padi," papar Danrem bersemangat.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, pada kesempatan itu menghimbau kepada segenap kepala daerah tingkat dua di Sumbar agar secara proaktif memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif.  "Jangan sampai ada tanah yang terlantar!," seru politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Ia juga mengapresiasi TNI yang begitu menaruh perhatian pada sektor pertanian, khususnya pemanfaatan lahan tidur untuk bercocok tanam. "Tidak ada uangnya saja TNI sangat mendukung, bahkan antusias membantu Gempita," puji gubernur.

Pada kesempatan panen jagung ini, juga dilaksanakan penyerahan "piagam penghargaan peningkatan pangan" oleh Gubernur Sumbar kepada Ketua Gempita Sumbar, Nurkhalis, dilanjutkan penanaman bibit pohon oleh Danrem, gubernur, serta jajaran Muspida setempat.

Selain Danrem Mirza Agus dan Gubernur Irwan Prayitno, pada kesempatan tersebut juga hadir Wakil Bupati Limapuluh Kota Ferizal Ridwan, Ketua DPRD Limapuluh Kota Syafaruddin, Kapolres Limapuluh Kota AKBP Haris Hadis, SIK, MM, Tr, Dandim 0306/Limapuluh Kota Letkol Kav. Solikhin, S.Sos, MM, Danyonif 131/Brs Mayor Inf. Yusuf Saud Tanjung, SIP, M.Tr diwakili Letda Czi Yurizal, Danramil 05/Harau Mayor Inf. Munawar, segenap anggota dan pengurus Gempita Sumbar, jajaran pengurus KNPI Limapuluh Kota, serta jajaran Muspida, Muspika dan tokoh masyarakat setempat.

Kiriman: Pennrem 032 WBR
Editor: Ecevit Demirel (ede)
 
Top