KRUI, LAMPUNG -- Anak merupakan aset berharga dalam menentukan kelangsungan hidup, kualitas dan kejayaan suatu bangsa di masa mendatang. Untuk itu, peran orang tua sangat penting dalam mendidik anak.

Hal itu dikatakan Ketua Penasihat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Pesisir Barat, Septi Istiqlal, saat membuka seminar parenting dengan tema "Peran Kaum Ibu dalam Tumbuhkembang Anak dan Remaja" di GSG  Labuhan Jukung, Pesisir Tengah, Kamis (12/12/2019). Menurut Septi, kaum ibu memiliki peran penting dalam tumbuhkembang anak dan remaja.

“Tumbuhkembang anak dan remaja tidak lepas dari peran ibu yang mengasuhnya. Sebab, ibulah yang memiliki waktu yang lebih banyak dengan anak,” paparnya.

Ia menambahkan, anak merupakan aset yang menentukan kelangsungan hidup, kualitas dan kejayaan suatu bangsa di masa mendatang. Oleh karena itu, anak perlu dikondisikan agar dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan dididik sebaik mungkin agar di masa depan menjadi generasi penerus yang berkarakter serta berkepribadian baik. 

“Orangtua memiliki tanggungjawab dalam membesarkan dan mendidik anak untuk menjadi pribadi yang baik,” ujarnya.

Apalagi dengan perkembangan zaman yang kian maju seperti sekarang, tidak sedikit anak atau remaja yang terjerumus ke hal-hal negatif. Oleh sebab itu, pengawasan orang tua diharapkan dapat lebih ditingkatkan.

"Kenakalan remaja tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan pendampingan dan kontrol orang tua. Sebab, masa itu merupakan peralihan dari anak-anak menuju dewasa," ujarnya.

Septi menjelaskan saat masa itulah arahan orangtua untuk memberikan saran apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Sebab, pada saat itu remaja akan mudah terpengaruh lingkungan, terutama dari dunia maya.

Oleh karena itu, orangtua memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengontrol penggunaan media sosial anak agar tidak terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan.

Turut hadir di kegiatan itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Pesisir Barat Farida Milladiyah Lingga, narasumber dari Lembaga Pendidikan Smart Global Education Lampung Eka Khairunnisa, beserta anggota GOW Pesisir Barat, selebihnya peserta seminar.

(bin)
 
Top