PADANG -- Memperingati bulan kanker payudara yang jatuh di Oktober ini, komunitas Lovepink bakal menggelar "Padang Pink Walk" dengan aneka doorprize pada hari Minggu (27/10/2019) mendatang. Diikuti oleh para penyintas kanker payudara, kerabat dan sahabat, ajang ini dimulai dan berakhir di Panggung Wisata Puruih Pantai Padang.

Sekaitan ajang tahunan setiap bulan Oktober tersebut, Lovepink juga mengundang masyarakat untuk mengajak keluarga bergabung merayakan anugrah kehidupan bersama partisipan Padang Pink Walk lainnya.

“Pink Walk adalah acara tahunan yang kami gelar setiap bulan Oktober, saat dunia merayakan perjuangan para warrior dan survivor mengubah stigma kanker payudara. Padang Pink Walk tahun ini semakin  spesial karena kami juga merayakan 5 tahun berdirinya organisasi Lovepink. Bersama kerabat dan keluarga, kami mengajak masyarakat luas untuk memahami kanker payudara dan bersama-sama mengedukasi diri untuk menekan jumlah penderita kanker payudara stadium lanjut melalui kesadaran deteksidini,” urai Co. Founder Lovepink, Shanti Persada melalui siaran pers yang diterima redaksi www.sumatrazone.co.id,6 Kamis (24/10/2019). 

Dipaparkan lebih lanjut bahwa kesadaran deteksi dini kanker payudara menjadi fokus perhatian Lovepink sejak organisasi ini berdiri pada tahun 2014 lalu. Sebanyak 38 dari 100. 000 perempuan Indonesia berpotensi terhadap insiden kanker payudara.

Ahli kesehatan masyarakat, Prof. dr. Hasbullah Thabrany, MPH, Dr. PH, menyerukan pentingnya edukasi dan sosialisasi deteksi dini kanker payudara, terlebih dengan meningkatnya pasien penderita kanker payudara  tahap lanjut di Indonesia.

 “Satu dari delapan wanita Indonesia
memiliki resiko terkena kanker payudara. Kanker payudara tergolong dapat diobati apabila terdeteksi saat stadium awal. Sudah seharusnya kita meningkatkan pemahaman pentingnya mencegah dan melakukan deteksi dini kanker payudara secara regular untuk menghindari dari pengobatan tahap lanjut yang akan sangat menguras fisik dan mental penderita dan keluarganya.”

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker tertinggi pada perempuan, selain kanker leher rahim (data GLOBOCAN/IARC 2012). Ada 6,6% dari populasi dunia yang meninggal dunia karena kanker payudara dan 11,6% terdekteksi kasus baru berdasarkan laporan WHO tahun 2018

Flag off Padang Pink Walk sedianya dilangsungkan di Panggung Wisata Puruih Pantai Padang pukul 06.00 WIB dan mengambil rute sepanjang Pantai Padang sejauh 3 kilometer. Setelah berjalan bersama, masyarakat bisa beraktivitas Zumba, berbagai permainan seru, pemilihan kostum pink terbaik dan kontes foto Instagram paling keren.

Tentang Lovepink

Lovepink adalah organisasi nirlaba yang memfokuskan kegiatannya pada kampanye kesadaran pentingnya kesehata payudara. Digerakkan oleh kelompok penyintas yang aktif berkampanye untuk menyuarakan pentingnya deteksi dini kanker payudara dan skrining  payudara, terutama bagi wanita.

Aktivitas Lovepink digerakkan oleh partisipasi penyintas, keluarga, dokter dan individu-individu penuh kasih yang menyumbangkan waktu dan pikiran untuk meningkatkan kesadaranpayudara melalui berbagai kampanye dan aktivitas.

Lovepink didirikan pada tahun 2012, Shanti Persada dan Madelina Mutia bertemu saat menjalani pengobatan. Pengalaman saling mendukung dan menguatkan menjadi inspirasi bagi Shanti dan Muti untuk berbagi dengan pasien lainnya.

Kini Lovepink menjadi salah satu organisasi kanker payudara yang aktif melakukan berbagai kegiatan sosialisasi tentang pentingnya deteksi dini kanker payudara, serta memberikan pendampingan kepada pasien kanker payudara lainnya.

Pasien kanker payudara di Indonesia terus bertambah dari tahun ke tahun. Kini satu dari delapan wanita di Indonesia beresiko mengalami kanker payudara. Bersama mari kita sebarluaskan pentingnya deteksi dini dan skrining payudara untuk menyelamatkan lebih banyak wanita Indonesia.

(rel/ede)

 
Top