MENTAWAI, SUMBAR – Dalam rangka mitigasi bencana, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 03/Sioban, Kodim 0319/Mentawai  melaksanakan penghijauan di Desa Bukit Pamewa, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Jepulauan Mentawai, Jumat (14/2/2020).

Kegiatan mitigasi bencana dalam rangka penghijauan dipimpin langsung pasintel Kodim 0319/Mentawai, Lettu Sipayung yang melibatkan anggota Polres Kepulauan Mentawai, mahasiswa kampus PDD AKN Mentawai serta tokoh masyarakat Desa Bukit Pamewa.

Babinsa Koramil 03/Sioban wilayah Sipora, Kopda Johan Munthe, mengatakan, penghijauan yang di laksanakan ini untuk mengantisipasi terjadinya longsor, akibat curah hujan tinggi yang terjadi beberapa belakang ini di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai.

"Kepedulian terhadap lingkungan mampu meminimalisir terjadinya longsor," ujarnya.

Dijelaskan bahwa pohon yang ditanam kali ini adalah vertiver atau "akar wangi". Akar yang dihasilkan pohon tersebut dapat menahan tekanan tanah, serta pohon ini juga tingginya bisa mencapai 2 meter lebih. 

Lebih jauh disampaikan, seperti diketahui daerah Mentawai memiliki curah hujan  yang tinggi, sehingga tidak tertutup kemungkinan terjadinya longsor. Maka dari itu kepedulian bersama dalam penghijauan  dapat mencegah terjadi longsor.

Tak hanya itu, kata Johan Munthe, dalam rangka mitigasi bencana ini sangat perlu ditingkatkan penghijauan, minimal masing-masing rumah  warga yang rawan longsor dilakukan penanaman pohon untuk antisipasi terjadinya longsor.

“Penghijauan sangat perlu ditingkatkan, bergerak dengan gemar menanam pohon, baik pohon batang keras ataupun sejenis pohon vertiver,” ucapnya.

Ia menyampaikan, penghijauan ini sangat penting dilakukan demi kelangsungan hidup lingkungan sekitar. 

"Terimakasih kepada seluruh nmasyarakat atas kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dalam mencegah terjadinya longsor," pungkasnya.

(ers)
 
Top