PESSEL, SUMBAR -- Personel Komando Distrik Militer 0311/Pesisir Selatan di bawah komando Kasdim Mayor Inf Syawal bersama BPBD Pessel, Wali Nagari Painan Timur, tokoh masyarakat dan pemuda setempat melaksanakan penanaman akar wangi atau "vertiver" dalam rangka mengantisipasi ancaman bencana longsor di wilayah teritorial Kodim 0311/Pessel bertempat di bukit PDAM Nagari Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, Pesisir Selatan, Sumbar, Selasa (4/2/2020).

Pada kegiatan tersebut, Mayor Inf Syawal selaku menyampaikan bahwa penanaman akar wangi ini bertujuan sebagai aplikasi kegiatan yang berkelanjutan dari program mitigasi bencana di wilayah teritorial Kodim 0311/Pessel.

BACA JUGA: Kodim 0319/Mentawai Tanam 100 Akar Wangi

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai aplikasi langsung dari kelanjutan program mitigasi bencana Kodim 0311/Pessel untuk mengantisipasi ancaman bencana longsor akibat curah hujan yang tinggi karena akar tanaman ini memiliki kekuatan ikat cukup baik untuk menahan tanah serta dapat tumbuh subur diberbagai kondisi tanah baik itu diperbukitan, dataran tinggi, dataran rendah, maupun didaerah rawa”, ungkap Kasdim.

Lebih lanjut, Patrial Dt rajo Johan selaku Wali Nagari Painan Utara mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada Kodim 0311/Pessel, karena sudah memilih nagari ini sebagai lokasi penanaman akar wangi.

“Manfaat tanaman ini sangat banyak, salah satunya dapat mencegah longsor dimana wilayah kami memiliki kemungkinan terjadinya potensi bencana tersebut,” ungkapnya.

BACA JUGA: Perairan Mentawai Ditanami "Rumpon"

Pada kesempatan tersebut, Yen Indra  selaku Kasi Pengadaan BPBD menambahkan program penanaman akar wangi ini sangat penting dilakukan diKabupaten Pesisir Selatan.

“Wilayah Pesisir Selatan merupakan daerah yang rawan terjadinya bencana seperti  banjir bandang, tanah longsor, angin puting beliung yang tersebar diseluruh nagari yang kemungkinan bisa merasakan dampak bencana tersebut”, tutupnya.

Secara umum kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.

Sumber: Penrem 032/ Wirabaraja
 
Top