MENTAWAI - Kapal Bagan milik Bumdes Matobe diketahui karam di perairan Tuapeijat Kecamatan Sipora Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai. 

Dari laporan Marine Polairud Polres Mentawai yang dihimpun wartawan sumatrazone, peristiwa karamnya kapal bagan itu berlangsung Minggu (30/9/3018) pagi sekira pukul 07.50 WIB, di depan Pantai Jati Tuapeijatsaat bertolak dari Padang menuju Mentawai. Terungkap juga bahwa kapal bagan itu baru dibeli oleh pihak Bumdes Matobe di Padang dan baru saja diserahterimakan. 

Tiga orang anak buah kapal (ABK) dilaporkan selamat, mereka adalah Wijaya Syaputra (35), Iris (32) dan Inal (33). Pada saat kejadian mereka tidak berada di kapal. Kapal bagan karam sehari setelah para ABK meninggalkan kapal. Ketika ditemukan petugas Polairud,  kapal bagan tinggal puing-puing yang mengapung. 

Kepala Kantor SAR Mentawai, Akmal, menegaskn kejadian ini tidak menelan korban jiwa. Hanya korban materi dan benda. 

Berdasarkan laporan, kapal bagan tersebut karam akubat mengalami kebocoran saat bertolak dari Padang menuju Mentawai dengan radial 46 jarak 2 NM dari Dermaga Tuapeijat koordinat 02* 02' 06" S - 099* 33' 42" E.

Penanganan evakuasi kapal bagan tenggelam dilakukan tim SAR gabungan yang di dalamnya terlibat tim dari kantor SAR Mentawai, Lanal Mentawai, Kodim 0319 Mentawai, Polairud Polres Mentawai, BPBD Mentawai,  Dinkes Mentawai dan unsur masyarakat. 

Saat ini, kapal bagan yang karam sudah dievakuasi. Ditarik kapal tonda "Nan Kanduang 03" dan "Misa 02" untuk digiring ke tepi pantai depan kantor pemuda Tuapeijat. 

(ers/ede)
 
Top