MENTAWAI – Kepolisian Resor Kepulauan Mentawai menurunkan Tim Laboratorium Forensik cabang Medan untuk menyelidiki penyebab kebakaran rumah milik Syamsudin, salah seorang ASN Pemkab kepulauan Mentawai, yang terjadi beberapa pekan lalu di Km.0 Tuapeijat.

“Saat ini kita sudah melakukan langkah-langkah pemeriksaan di TKP untuk mencari barang bukti penyebab kebakaran,” kata Kasubbid Fiskomfor Labfor cabang Medan, AKBP. Binsaudin Saragih di Tuapeijat, Rabu (12/9/2018).

Selain itu, tim labfor juga mencari perambatan api untuk menentukan dari mana asal mula penyebab terjadi kebakaran, kemudian akan dilaksanakan pemeriksaan secara lengkap di laboratorium forensik cabang medan (Puslabfor Bareskrim Polri). Demikian dijelaskan Bunsaudin. 


Penyelidikan yang dilakukan ini, papar Binsaudin lagi, untuk mendalami penyebab kebakaran serta melihat secara utuh lokasi kejadian dan juga diperkuat dengan beberapa keterangan dari warga yang melihat kejadian tersebut.

Diakuinya, dari pemeriksaan dilakukan, pihalnya sudah mengumpulkan sampel seperti abu arang untuk dilakukan pemeriksaan di labor. Jadi, dari sampel tersebut bisa diambil kesimpulan dan hasil pemeriksaan yang akan dituangkan dalam bentuk berita acara.

Lebih lanjut, Binsaudin mengatakan, saat ini hasil dari pemeriksaan di lokasi kebakaran belum bisa dipublish, karena sampel yang sudah dikumpulkan harus dibawa ke labor dulu. "Kalau sudah ada hasilnya baru di laporkan, imbuhnya.

Sementara Kapolres Mentawai, AKBP Hendri Yahya menyebutkan, kedatangan tim Labfor cabang Medan ke Mentawai merupakan kerjasama untuk melakukan penyelidikan lebih dalam terkait peristiwa kebakaran yang terjadi di Km. 0 Tuapeijat.

Berdasarkan keterangan yang sudah diinput anggota reskrim, sumber api bukan karena arus pendek tapi ada unsur lain, sehingga proses penyelidikan tentunya pihak yang berkompeten bisa melakukannya. Dalam hal itu tim labfor.

“Jadi untuk mengetahui penyebab kebakaran, kita menurunkan tim labfor cabang medan,” ungkapnya. 

(ede/f: dok.polres mentawai)
 
Top