TURKI -- Gempa besar mengguncang Turki bagian barat, Yunani pada Jumat (30/10/2020). Sampai saat ini diketahui 4 orang tewas, 120 terluka dan banyak bangunan dan rumah runtuh. Ditambah dengan menaiknya air laut ke jalan-jalan Izmir Turki, membuat #prayforturkey trending twitter.

Dilansir dari Aljazeera, Sabtu (31/10/2020), gempa bumi yang kuat melanda Laut Aegea pada Jumat (30/10/2020) menyebabkan kerusakan di Yunani dan Turki. Sampai saat ini diketahui bangunan banyak yang runtuh.

Berdasarkan laporan awal, Menteri Kesehatan Turki Fahrettin Koca mengatakan sedikitnya 120 orang terluka di provinsi pesisir Izmir. Orang-orang membanjiri jalan-jalan di kota Izmir Turki setelah gempa berkekuatan 7,0 melanda, kata saksi mata. Puing-puing bangunan bertingkat di pusat kota dapat dilihat dengan orang-orang yang keluar untuk melarikan diri. Asap membubung ke langit di beberapa area.

Kepresidenan Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD), mengatakan gempa itu berkekuatan 6,6 skala richter (SR), sedangkan Survei Geologi AS mengatakan gempa itu berkekuatan 7,0 SR. Itu terjadi sekitar pukul 11:50 GMT dan dirasakan di sepanjang pantai Aegean Turki dan wilayah barat laut Marmara.

Berdasarkan rekaman media social twiter dari @ragipsoylu (30/10) menunjukkan air mengalir melalui jalan-jalan Izmir dari gelombang laut yang tampak jelas. Rekaman di media sosial menunjukkan puing-puing termasuk lemari es, kursi, dan meja mengambang di jalan-jalan di atas air bah. TRT Haber memperlihatkan mobil-mobil yang diseret oleh air dan ditumpuk di atas satu sama lain.

“Rekaman tsunami lain dari gempa bumi di provinsi Izmir Turki (rekaman video)” tulis @ragipsoylu di tweetnya.

Tentu kejadian ini akhirnya mendapat respons yang simpati dari berbagai wilayah negara termasuk Indonesia sehingga trending di twitter dengan masuk nominasi 5 besar pada Sabtu (31/10/2020) dini hari. Para simpati di twitter banyak yang mendoakan semoga apa yang terjadi baik-baik saja, hingga memberikan tagar #prayforturkey.

“Oh Allah, Oh Allah, dunia semakin menakutkan. Lindungi saudara-saudara kami di Turkey. Kawan! Dapatkan berita terbaru hanya melalui sumber yang pasti. Kuatkan iman, perbanyak doa. Bencana alam adalah sebuah pengingat untuk kita semua bahwa kita makhluk lemah #prayforturkey” ucap @andriandinora.

“#prayforturkey, gempa magnitude (M) 7,0 dilanjutkan Tsunami kecil, semoga segera pulih dan jadi reminder buat kita kalau hal apapun bisa terjadi kapan saja,” ucap twitter @bersyukurkuy.

(ali/bin)

 
Top