BATAM – Perayaan ulang tahun Ikatan Keluarga Minang Kamboja (IKMK) ke 3 dilaksanakan di Kelurahan Sei Plenggut, Sabtu (14/7/2018).

Kegiatan ini dihadiri Ketua Umum Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kota Batam yang juga anggota DPRD Kepri, Alek Guspeneldi, Lurah Sei Pelunggut, Burhan, Bacaleg dari partai amanat nasional (PAN) Zulfahmi dari dapil Sagulung, jajaran pengurus DPP Gema Minang dan sederet tokoh Minang Batam lainnya.

Dalam acara ulang tahun IKMK ke 3 juga dipersembahkan atraksi tarian khas Minangkabau, di antaranya Tari Piring dan Tari Pasambahan, kemudian Lelang Singgang Ayam dan pemotong kue ulang tahun IKMK oleh Alek Guspeneldi.

Dalam kata sambutannya, Ketua Harian IKSB Batam, M Ichsan, menghimbau, seluruh warga yang berasal dari Ranah Minang agar terus bersama dan menjalin silaturahmi dengan baik.

”Jangan kita sampai mau berpecah belah.  Mengingat sekarang sudah masuk tahun politik, segenap jajaran IKMK sangat mendukung tokoh-tokoh yang berasal dari Minang maju ke DPRD kota/DPRD Propinsi/DPR RI dan DPD RI. Himbauan kami sekali lagi, mari kita bulatkan tekat dan suara buat tokoh-tokoh kita yang maju pada Pileg 2019. Jangan sampai suara terbuang sia sia,” harap Ichsan.

Senada, Alek Guspeneldi selaku anggota DPRD Kepri ingin sesama "urang Minang perantauan" semakin solid ke depannya.

"Bulatkan suara, pepata Minang juga mengatakan saciok bak ayam, sadonciang bak bosi. baret samo di pikua, ringan samo di jinjiang,” seru Alek.

Lurah Sei Plenggut, Burhan, menyampaikan pada ulang tahun IKMK Batam ke 3, ia merasa kaget. Baru sampai di lokasi, semua orang yang ada di tempat acara berpakaian kuning.

"Ternyata kostum panitia dan anggota IKMK. Saya berharap, dengan adanya ikatan ini, mari saling menjaga solidaritas satu sama lain," ujar Burhan. Harapan senada juga disampaikan sejumlah pengurus Gema Minang Batam yang berkesempatan hadir.  

Ketua IKMK Batam, Mardi, SPd, mengungkapkan, memasuki tahun ke 3, Alhamdulillah IKMK makin kompak dan rasa kekeluargaan yang terjalin di dalam wadah sosial ini semakin kental. 

"Pertama kali kami membentuk persatuan ini, anggotanya hanya beberapa orang saja. Namun pada saat ini, IKMK Batam telah beranggotakan ratusan KK asal Ranah Minang yang menetap di Batam. Dengan bersama, insya Allah yang berat akan menjadi ringan. Keinginan-keinginan positif akan lebih muda tercapai jika masing-masing anggota seiya sekata dan kommit menjaga kekompakan," paparnya.

(wkc/zul/ede)
 
Top