PADANG -- Ada yang berbeda dan menarik dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang, Sumatera Barat, tahun 2018 ini. 

Pasalnya, pada hari jadi yang ke-349 bagi ibukota Provinsi Sumatera Barat itu, Kota Padang akan kedatangan delegasi dari Ba Ria Vung Tau (Vietnam) dan Hildesheim, Jerman.

Kedua perwakilan negara yang sudah menjalin kerja sama sister city dengan Kota Padang itu direncanakan ikut memeriahkan hari jadi setiap 7 Agustus itu sembari menindaklanjuti menguatkan proses kerjasama yang telah terjalin. 

Hal itu mengemuka dalam rapat persiapan terkait hal tersebut yang dipimpin Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah di kediaman resmi walikota, Rabu (4/7/2018).

Hadir dalam kesempatan itu kepala OPD di lingkup Pemko Padang, stakeholder terkait serta dari perwakilan perguruan tinggi di Padang. “Ini momentum bagi kita di Kota Padang untuk menyempurnakan sister city relationship terhadap beberapa poin yang telah dan akan dikerjasamakan nantinya baik dengan Delegasi Ba Ria Vung Tau, Vietnam dan juga peringatan 30 tahun kerjasama Padang-Hildesheim, Jerman,” sebut Walikota.

Oleh karena itu Mahyeldi berharap, kepala OPD terkait agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya sehingga semua rangkaian agenda kegiatan yang dilakukan dapat berjalan maksimal.

“Di samping itu kita juga mengharapkan dukungan stakeholder terkait untuk dapat mendukung,” harapnya lagi.

Seperti diketahui, salah satu kesepakatan yang terjalin antara Padang dengan Ba Ria Vung Tau antara lain yakni keberadaan pojok promosi daerah. Dimana Padang mendapatkan pojok promosi di Ba Ria Vung Tau, demikian juga sebaliknya. Kedua daerah ini telah menandatangani nota kesepahaman pada Mei 2017 lalu.

“Kedua daerah akan fokus pada kerjasama bidang utama meliputi tata kelola administrasi, pertanian dan perikanan, perdagangan dan investasi, pendidikan dan pelatihan, budaya, olahraga dan pariwisata serta lainnya. Semoga ini banyak dapat berjalan maksimal dan memberikan dampak positif bagi kemajuan Padang ke depan,” imbuh Mahyeldi.

Sementara itu Kepala Bagian Kerjasama Setda Kota Padang, Erwin mengatakan, dalam rapat tersebut yakni membahas beberapa hal. Diantaranya menyiapkan rangkaian acara memperingati HUT Kota Padang ke-349 sekaligus menyambut kunjungan delegasi dari Ba Ria Vung Tau, Vietnam dan peringatan 30 Tahun kerjasama sister city antara Padang-Hildesheim, Jerman.

“Kita berharap, semua pihak dapat saling berkoordinasi dengan baik, sehingga semua rangkaian kegiatan dapat berjalan sukses tentunya,” imbuh Erwin.

Adapun seperti diketahui, terkait kerjasama antara Padang-Hildesheim yang terjalin semenjak 20 Juni 1988 silam itu telah menghasilkan kesepakatan yang mencangkup bidang teknik meliputi berbagai disiplin ilmu serta penerapannya di lapangan meliputi aspek perencanaan kota, air minum, penyempurnan sistem drainase pembuangan sampah, pola transportasi dan tata kota.

Tidak hanya itu, kerjasama ini juga meliputi bidang pendidikan peningkatan keahlian staf pemerintahan daerah, membantu pengembangan perguruan tinggi serta sekolah-sekolah kejuruan atau pendidikan formal. Kerjasama di bidang sosial budaya menyangkut instansi pembinaan kesenian daerah, peningkatan prestasi olahraga dan sebagainya.

Dalam rapat tersebut, terlihat membahas beberapa hal seperti integrasi menyiapkan beberapa hal dengan OPD dan stakeholder terkait dalam menyukseskan serangkaian kegiatan yang dilakukan nantinya. 

Cukup banyak kegiatan penting dan menarik yang akan dihelat, antara lain pelaksanaan Dragon Boat Exhibition, PIOMFest, Seminar IV IIOLGF, Padang Night Carnival (Pawai Telong-Telong) dan Symposium di Universitas Bung Hatta (UBH). 

Selanjutnya juga ada Field Visit, Peresmian Ba Ria Vung Tau Trade Center di Padang, Cooking Rendang Exhibition, Gala Dinner dengan Walikota Padang serta Gubernur Sumbar. Direncanakan, dua delegasi tersebut akan berada di Kota Padang selama 4-11 Agustus. 

(rel/ard)
 
Top