PADANG - Keberadaan Pengurus Yayasan Lansia Kota Padang memiliki arti penting sebagai bentuk perhatian dan kepedulian terhadap warga Kota Padang yang telah berusia lanjut. 

Sebagaimana diharapkan, kepengurusan tersebut bisa melanjutkan program dan harapan agar para lansia di kota ini menjadi berdaya dan diperhatikan segala yang kebutuhannya. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Amasrul dalam kapasitas mewakili Wali Kota Padang menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya sekaligus melantik dan mengukuhkan Pengurus Yayasan Lansia Kota Padang periode masa bakti 2018-2022 di Auditorium Universitas 
Baiturrahmah (Unbrah) Padang, Selasa (1/10/2019). 

Tema yang diangkat dalam pelantikan ini ialah "Menuju Lansia Sehat, Tangguh dan Produktif". 

"Mungkin salah satu contoh yang saya temui tahun lalu sewaktu  menjabat Kepala Dinas Sosial Kota Padang, masih banyak terdapat fenomena tentang lansia yang menibulkan kemirisan hati kita terhadap lansia. Kenapa, karena banyak didapati anak-anak yang tega menelantarkan orang tua dan keluarganya yang sudah memasuki lansia," ungkapnya.

Dalam memperhatikan lansia di Kota Padang, katanya, sebetulnya Pemko Padang melalui Dinas Sosial tengah berupaya mewujudkan harapan membuat taman lansia atau tempat berkumpulnya lansia. Di sana nantinya disediakan sarana berinteraksi disertai kegiatan olahraga, keagamaan dan keterampilan produktif lainnya.

"Sehingga ilmu, pengalaman dan aspirasi sesama lansia dapat tersalurkan secara baik," lanjutnya.

Lebih lanjut, Pelindung Forum Yayasan Lansia Kota Padang itu, atas nama Pemerintah Kota Padang sangat menyambut baik telah dilantiknya Pengurus Yayasan Lansia Kota Padang periode masa bakti 2018-2022 kali ini. Bgeitu juga kepada pihak yang telah menggagas yayasan tersebut sehingga eksis sampai saat ini. 

"Kita tentu berharap, semua pengurus dapat menjalankan tugas dan programnya secara baik dan optimal terutama bekerjasama dengan Pemko Padang di bawah Dinas Sosial. Sehingga program kegiatan Dinas Sosial Kota Padang yang berkaitan tentang lansia dapat disinkronkan dengan program yang ada di Yayasan Lansia Kota Padang. Kita siap membantu yayasan bagaimana para lansia kita bisa kita tingkatkan kesejahteraan dan gairah hidupnya. Supaya mereka tidak tersia-siakan meski sudah berusia lanjut," tukuk Sekda.

"Semoga semua lansia di Kota Padang ini kita aktifkan melalui berbagai kegiatan yang sekarang sudah banyak dilakukan di tingkat RT/RW dan kelurahan. Mulai dari senam lansia dan kegiatan pemberdayaan lansia. Mari kita bersama-sama menggerakan kreatifitas lansia sebagai orang yang kaya ilmu pengalaman dalam memberikan kotribusi bagi kemajuan Kota Padang," tandasnya mengakhiri.

Hadir dikesempatan itu Rektor Unbrah Padang Prof. Dr. Ir. H. Musliar Kasim, MS, Rektor UPI Padang Prof. Dr. H. Sarjon Defit, S.Kom, Msc serta para Penasehat, Pembina dan Pelindung serta Pengurus Yayasan Lansia Kota Padang.

(rel/ede)
 
Top