PADANG -- Kesiapsiagaan prajurit Matra Laut tetap harus terjaga, trampil serta fokus. Ini merupakan jati diri prajurit Matra Laut yang tidak bisa di tawar lagi. 

Sehubungan hal tersebut, Kamis (13/2/2020), tim dari Komando dan Latihan (Kolat) Komando Armada (Koarmada) I melakukan pengujian semua ketrampilan yang dimiliki oleh prajurit Matra Laut Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) II Padang, atau yang lebih dikenal dengan "Pandeka Lauik Sati".

Bertempat di ruang rapat Komandan Lantamal (Danlantamal) di Markas Komando (Mako) jalan Bukit Peti Peti Teluk Bayur, Padang, dilaksanakan pembukaan uji trampil terhadap Pandeka Lauik Sati oleh Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Dafit Santoso. 

Tim Kolat Koarmada yang mewakili Dankolat Koarmada Kolonel Laut (P) Fauzi adalah Komandan Pusat Latihan Gladi Tugas Tempur (Danpuslat Glagaspur) Letkol Laut (P) Nugroho Putro Suwarwanto dengan rombongan. Acara pembukaan dihadiri Asisten Danlantamal II, Kadis, Kasatker Lantamal II.

Beberapa materi dalam pengujian nantinya mulai dari Peraturan Baris Berbaris (PBB), bongkar pasang senjata, menembak, tiup pluit, smapor, tali temali, renang, peraturan dinas dalam (PDD) khas TNI AL,  penanggulangan bahaya kebakaran, Pertahanan Pangkalan (Hanlan), Penanggulangan Huru Hara (PHH), renang dan uji tulis. 

danlantamal II menekankan kepada peserta agar melaksanakan latihan dengan baik, tampil dengan semangat terbaik, sehingga akan mendapatkan nilai yang terbaik pula. 

Kegiatan uji terampil ini dilaksanakan selama 2 hari, Kamis (13/2/2020) dan Jumat (14/2/2020), termasuk pengujian terhadap unsur atuan Kapal Patroli (Satrol).

Sumber: Dispen Lantamal II
 
Top