MENTAWAI, SUMBAR -- Guna meningkatkan pengetahuan dalam pengolahan sawah, Babinsa 03/Sioban Kodim 0319/Mentawai mengajarkan petani cara penggunaan handtraktor

"Kegiatan ini dalam rangka Luas Tambah Tanam (LTT), mengolah lahan pesawahan  menggunakan handtraktor. Petani kita perlu dilatih bagaimana cara menggunakan alat ini," ujar Serda Osten Sinaga kepada awak media, di Sioban, Kamis (6/2/2020). 

BACA JUGA: Babinsa 03/ Sioban Ronda Malam.. 

Dalam kegiatan ini, Osten langsung praktek penggunaan handtraktor di hadapan para petani. 

Dijelaskan bahwa handtraktor  mempermudah para petani untuk mengembangkan lahan sekaligus meningkatkan hasil panen nantinya. Handtractor yang digunakan kali ini adalah kepunyaan Kodim 0319/Mentawai yang dipinjamkan kepada petani untuk membantu pengolahan sawah.

BACA JUGA: Babinsa 03/ Sioban Bagikan Bibit Serai Wangi.. 

Untuk mendapatkan hasil panen yang maksimal, lanjut Osten tentu para petani harus memahami cara pengolahan sawah, pemilihan bibit unggul, menanam padi sesuai yang diajarkan yaitu dengan sistim tanam "jajar legowo", kemudian melakukan perawatan terhadap lahan sawah sembari tetap berkoordinasi dengan Babinsa serta PPL desa terkait.

BACA JUGA: Babinsa 03/ Sioban Goro Bersihkan Material...

Di tempat yang sama, ketua kelompok tani, Ismail mengucapkan terima kasih kepada Babinsa Osten atas kepedulian serta kesediaan berbagi ilmu pengetahuan tentang pengolahan sawah menggunakan handtraktor

"Kepedulian Babinsa 03/ Sioban memberikan semangat kami untuk lebih giat mengelolah sawah sekaligus mengerti bagaimana cara menanam padi dengan baik, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal," tutupnya.

(ers)
 
Top