AGAM, SUMBAR -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno tak mampu menutupi keterpukauan-nya tatkala berkunjung ke Lawang Park, Nagari Matur, Kabupaten Agam. 

"Meski kedatangan kami ke Lawang Park tertutup kabut dan sedikit hujan, namun kita tetap dapat merasakan sensasi pengalaman wisata yang berbeda, suasana “negeri di atas awan” di puncak tertinggi Danau Maninjau," tulis Sandiaga di dinding akun facebook (FB) resminya, Kamis (22/4/2021) malam. 

Ia juga menulis bahwa kunjungannya beserta rombongan ke Lawang Park  untuk memastikan bahwa pengembangan pariwisata di Kabupaten Agam telah beradaptasi pada tren pariwisata ke depan yakni wisata yang berkualitas dan berkelanjutan dengan berbasis alam dan budaya.

Pada video yang ia upload dinding FB nya terlihat Bupati Agam Andri Warman memaparkan beberapa hal terkait kondisi destinasi wisata dan upaya pengembangan destinasi-destinasi wisata yang ada di kabupaten yang ia pimpin. Ia menyinggung kondisi Danau Maninjau yang belakangan malah didominasi keramba yang sejak beberapa tahun ke belakang mengotori serta merusak ekosistem danau, namun juga membuat wisatawan enggan berkunjung ke danau yang beberapa puluh tahun silam sempat menjadi primadona bagi kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara. 

Sebagai salah satu upaya mengembalikan kejayaan Danau Maninjau sebagai salah satu destinasi kebanggaan 'Rang Agam dan Provinsi Sumatera Barat pada umumnya, pada kesempatan itu Bupati Andri Warman juga mengungkap rencana membuat kereta gantung atau cable car dari Lawang Park sampai ke Danau Maninjau.

Menparekraf menyatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi upaya-upaya pengembangan destinasi wisata di Kabupaten Agam, termasuk rencana membuat cable car sebagaimana dipaparkan Bupati Agam. 

(ede)





 
Top