JAKARTA -- Pakar Pemerintahan Otonomi Daerah, Prof. Dr  Ryaas Rasyid, mengatakan, bangsa kita ini sedang mengalami azab Allah akibat salah pilih pemimpin.

"Kepemimpinan berbasis kebohongan ini mengundang kemurkaan Allah," ucapnya melalui pesan tertulis, Sabtu (17/4/2021).

Sederet azab dari salah memilih pemimpin pun disebutkan Ryaas:

1. Kezaliman penguasa pada semua level,

2. Memburuk nya kondisi kehidupan masyarakat lapisan bawah,

3. Rusaknya persatuan,

4. Konflik sesama ummat Islam,

5. Terpuruknya daya beli bersamaan dengan nilai rupiah (dobel negatif=sdh daya beli jatuh akibat pengangguran dan PHK, nilai uang pun merosot),

6. Rusaknya moralitas penegak hukum.

Ryaas juga menganggap azab tersebut akibat para pembohong. "Semua ini adalah akibat kehadiran para pembohong di puncak-puncak kepemimpinan negara dan pemerintahan," ujarnya.

Ia pun mengatakan, tak ada cara menghentikan azab Allah kalau masih terus menumpuk kebohongan. 

"Doa-doa para kiai dan ulama yang dikumandangkan pada acara-acara kenegaraan dan pemerintahan tidak akan sampai apalagi terkabul," ungkap Ryaas.

"Mereka hanya pelengkap upacara belaka," sambungnya.

"Maka salah satu jalan perjuangan untuk kembalinya berkah dan rahmat Allah Swt kepada bangsa ini adalah kebangkitan para pejuang melawan kebohongan"

"Sudah beberapa tahun ini kebohongan menyebar dan beranak pinak. Kita yang sadar akan hakikat realitas politik dan sosial ekonomi yang semakin buruk ini merasakan betapa bangsa Indonesia terkepung dan terkooptasi oleh kebohongan yang sistematis, sehingga telah sampai pada kondisi yang membahayakan eksistensi kebenaran"

"Kalau semua ini tidak bisa dihentikan, bukan tidak mungkin kebenaran hanya akan tinggal sebagai kenangan belaka, bahkan jadi bahan olok-olokan"

Ryaas juga menegaskan musuh peradaban sesungguhnya. "Kebohongan adalah musuh besar peradaban," pungkasnya.

#lawjustice





 
Top