Aksi sosial Ramadhan 1442 H Pemuda Panca Marga berbakti takjil di Kampung Pulau Alai Parak Kopi. f: ist

PADANG -- Hingga hari ke-5 dan 6 Ramadhan 1422 Hijriah (Sabtu, 17/4 dan  Minggu, 18/4/2021), putra putri veteran Republik Indonesia (RI) yang berhimpun di Pengurus Daerah Pemuda Panca marga (PD PPM) Sumatera Barat terus melanjutkan aksi sosial berbagi takjil berbuka puasa.

Jika dalam 3 hari sebelumnya aksi berbagi takjil menyasar para musafir atau masyarakat pengguna jalan di depan Markas Daerah (Mada)aksi berbagi takjil menyasar para musafir atau masyarakat pengguna jalan di depan Markas Daerah (Mada) jalan Veteran No.2 A Padang, kali ini takjil diantar langsung ke pemukiman warga, terutama kawasan-kawasan tempat kader PPM berdomisili di Kecamatan Padang Utara.

"Alhamdulillah pada Sabtu kemarin kami masih dapat berbagi dengan masyarakat Transito Ulak Karang Selatan, Kecamatan Padang Utara. Kemudian pada hari ini PD PPM Sumbar berbagi dengan warga di pemukiman pinggir rel kereta api Kampung Pulau Alai Parak Kopi, Kecamatan Padang Utara," papar Ketua PD PPM Sumbar H. Wahyu Iramana Putra, selepas kegiatan berbagi takjil ke warga Kampung Pulau Alai Parak Kopi, Minggu (18/4/2021) malam. Turut mendampingi Wahyu pada kesempatan ini, kader sepuh sekaligus Wakil Ketua PD PPM Sumbar Decky Sampolli. 

Aksi sosial berbagi takjil di Transito Ulak Karang Selatan. f: ist

Aksi jemput bola puluhan kader PPM berbagi takjil dalam dua hari terakhir disambut sukacita sekaligus haru oleh warga dan pemuka masyarakat setempat.

Diakui, aksi simpatik penuh empati seperti ini tak obahnya setetes air di tengah gurun tandus, benar-benar menjadi sesuatu yang melegakan bagi masyarakat. Pertanda bahwa rasa kepedulian sosial dan saling empati masih melekat kuat pada sanubari anak bangsa, apalagi di tengah deraan pandemi saat ini perekonomian mayoritas rakyat Indonesia ikut menukik tajam. Aksi nyata saling peduli antar sesama, sesederhana apapun wujudnya, akan sangat berarti. 

Bagusnya Ada Skala Prioritas

Terkait aksi sosial berbagi takjil yang dilaksanakan PD PPM Sumbar di Ramadhan 1442 H ini, sejumlah pihak baik di internal maupun eksternal wadah berhimpun putra putri veteran pejuang kemerdekaan RI ini berpendapat, hendaknya ada skala prioritas pihak-pihak mana saja yang layak jadi sasaran penerima takjil, bantuan ramadhan dan sejenisnya. Akan lebih pas bila yang diprioritaskan menerima adalah anak-anak panti asuhan, kaum jompo atau para sepuh di Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang tentunya juga butuh atensi serta kepedulian dari "anak-anak mereka" di PPM dalam momen bulan suci Ramadhan ini. Selebihnya baru ke masyarakat umum. Jadi, tak timbul kesan seolah sekedar aksi tebar pesona yang lebih bertendensi ke hal-hal bernuansa politis. 

#oel






 
Top