PADANG -- Musyawarah Daerah Provinsi ke-XV Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Sumatera Barat (Musdaprov ke -XV DPD KNPI Sumbar) tahun 2021 dihelat Senin (8/11/2021) ini, bertempat di Hotel Truntum, Padang.

Mengusung tema "Mempertajam Kecerdasan, Memperkukuh Kemauan, Memperhalus Perasaan", peserta Musdaprov sekaligus akan memilih Ketua untuk kepengurusan periode 2021 - 2024.

Ketua Steering Committe Musda KNPI Sumbar,  Ridwan, mengklaim seluruh proses persiapan mulai dari tahap pendaftaran calon hingga verifikasi sudah dirampungkan. 

BACA JUGA: Ikuti Ranji, Pemuda Sumbar Tegas Tolak Dualisme KNPI

"Persiapan Musdaprov KNPI Sumbar telah dilakukan sejak 18 Oktober 2021 dengan agenda pemberitahuan tahapan Musda, hingga penyampaian hasil verifikasi calon pada 2 November," paparnya selepas rapat persiapan Musdaprov di Gedung Pemuda Sumbar, Minggu (7/11/2021) malam.

Dijelaskan Ridwan, Musdaprov  ke-XV DPD KNPI Sumbar tahun 2021 dilaksanakan setelah melalui tahapan Rapat Pimpinan Paripurna Daerah (Rapimpurda) KNPI Sumbar yang dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Agustus lalu.

Ia juga menegaskan bahwa proses pendaftaran calon ketua periode 2021 - 2024 hingga kemudian dinyatakan lulus verifikasi, dilakukan secara terbuka, memenuhi syarat dan ketentuan. Dari rangkaian tahapan pencalonan tersebut ada satu nama yang maju sebagai calon dan telah memenuhi persyaratan.


Ketua DPD KNPI Sumbar Fadly Amran berharap Musdaprov bisa menjaring kader yang militan, berproses, serta menyuarakan suara pemuda di Sumbar. 

"Ketua terpilih diharapkan menjadi  representasi kepemudaan, melalui Organisasi Kepemudaan (OKP) serta DPD KNPI," jelas tokoh pemuda Sumbar yang saat ini juga menjabat Wali Kota Padang Panjang tersebut. 

BACA JUGA: Musdaprov XIV KNPI Sumbar Berlangsung Khidmat di Bawah Plafon Bolong

Dalam rapat persiapan Musdaprov tersebut, selain sejumlah anggota Majelis Pemuda Indonesia (MPI) DPD KNPI Sumbar periode 2018 - 2021, turut hadir Ketua Bidang Sosial dan Pemberdayaan DPP KNPI, Romi Pernando.

Salah seorang perwakilan MPI, Maidestal Hari Mahesa menyatakan dukungan penuh terhadap gelaran Musda KNPI di bawah kepengurusan Fadly Amran.

Ia sekaligus menegaskan bahwa DPD KNPI Sumbar di bawah kepemimpinan Fadly Amran adalah kepengurusan yang sah, mempunyai historikal yang jelas sejak terpilih 2018, dan statusnya diakui oleh OKP di Sumbar dalam tiga tahun berjalan.

Karena itu, ia memesankan kepada pemuda serta OKP yang tergabung dalam DPD KNPI Sumbar agar sama-sama menyukseskan Musdaprov. 

BACA JUGA: Kiprah Pemuda Tentukan Nasib Bangsa

"Kami selaku MPI dari unsur OKP di Sumbar tidak ingin mencampuri atau pun mengurus perpecahan yang terjadi di pusat. Sebagai bukti loyalitas, kami sepakat mendukung Musdaprov KNPI di bahwa kepengurusan sah yang diketuai saudara Fadly Amran," tegasnya.

Para senior kepemudaan juga menyatakan tidak ada dualisme KNPI Sumbar, karena kepengurusan yang sah dan mempunyai historikal pemilihan yang jelas adalah Fadly Amran selaku pengganti Ketua KNPI sebelumnya Defika Yufiandra, lalu Defika Yufiandra menggantikan Adib Al Fikri.

#aul/red





 
Top