JAKARTA -- BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca selama minggu depan. Hasilnya ada 20 daerah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat.

"BMKG memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang untuk periode 09 - 15 Januari 2022," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto dalam keterangannya, Minggu (9/1/2022).

Guswanto mengatakan 96,8% wilayah di Indonesia memasuki periode puncak musim hujan pada Januari 2022. Menurut hasil analisis dinamika atmosfer, BMKG mengidentifikasi adanya potensi sirkulasi siklonik di selatan Jawa dan Australia bagian utara.

"(Potensi sirkulasi siklonik) Dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Indonesia terutama di bagian selatan ekuator yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah," tuturnya.

BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode sepekan ke depan. BMKG memprediksi sejumlah potensi bencana, di antaranya banjir, banjir bandang, tanah longsor, hingga putting beliung.

Berikut 20 daerah yang berpotensi terjadi hujan lebat selama 1 minggu kedepan:

1. Kep. Riau

2. Bangka Belitung

3. Jambi

4. Sumatera Selatan

5. Bengkulu

6. Lampung

7. Banten

8. DKI Jakarta

9. Jawa Barat

10. Jawa Tengah

11. DI Yogyakarta

12. Jawa Timur

13. Bali

14. Nusa Tenggara Barat

15. Nusa Tenggara Timur

16. Kalimantan Barat

17. Kalimantan Tengah

18. Kalimatan Selatan

19. Sulawesi Selatan

20. Sulawesi Barat

#dtc/bin




 
Top