SEBUAH serial TV yang diangkat dari komik Batwoman sempat menjadi serial pertama live-action mengenai pahlawan super yang secara terang-terangan menampilkan seorang sosok homoseksual sebagai pemeran utamanya.

Serial tersebut dikembangkan untuk saluran TV di AS, CW, sehingga menambah deretan tontonan serial TV yang mengadaptasi tokoh karakter komik milik DC.

Batwoman diperkenalkan pada era 1950-an sebagai seorang sosok perempuan yang memikat hati Batman. Kemunculannya merupakan upaya untuk menangkal rumor yang beredar kala itu bahwa Batman merupakan tokoh homoseksual.

Karakter perempuan tersebut kembali diperkenalkan pada 2006 sebagai tokoh lesbian yang dikenal dengan nama Kate Kane.

Seniman yang turut menciptakan Spiderman meninggal di usia 90 tahun. 

Batwoman menjadi satu-satunya karakter terkenal dari komik DC yang secara terbuka menampilkan seorang sosok dengan perilaku homoseksual.

Sinopsis dari serial tersebut menggambarkan Kate Kane "sebagai seseorang lesbian dan memiliki keahlian yang sangat tinggi dalam melakukan pertarungan jalanan dan dia hadir untuk membasmi kejahatan yang ada di kota".

Dikatakan bahwa karakter perempuan ini "dipersenjatai dengan semangat untuk keadilan sosial dan bakat untuk menyampaikan isi pikirannya".

Namun di balik keahliannya, dia harus "mengendalikan iblis yang melekat pada dirinya, yakni hasrat bercinta dengan kaum sejenis" sebelum akhirnya muncul sebagai pahlawan di Gotham City.

(int)
 
Top