TRENTO, ITALIA -- Salah satu agenda kegiatan Gubernur Sumatera Barat Prof. Irwan Prayitno dan rombongan pada hari pertama kunjungan kerja ke Italia adalah penjajakan tentang kerjasama energi terbarukan dengan perusahaan ENTS (Entaglement Technology Search). 

ENTS adalah sebuah perusahaan Internasional yang berkantor di Trento Italia yang bergerak di bidang Wind Energy, Hydrokinetic Energy, Preventive Maintenance dan MCU System Embedded.

Topografi Sumbar yang relatif agak mirip dengan Trento Italia, yaitu berbukit-bukit, berpegunungan, serta banyaknya sumberdaya air dan angin, membuat pihak ENTS tertarik untuk menjajaki kerjasama dengan Sumbar.

"Kita berharap, pihak ENTS tertarik untuk menanamkan investasinya ke Sumbar. Mereka telah berpengalaman dalam memanfaatkan energi angin sebagai energi alternatif pembangkit listrik. Topografi di Trento  ini relatif hampir sama atau mirip dengan wilayah Sumbar yang berbukit-bukit dan pegunungan. Topografi seperti ini sangat potensial menciptakan angin untuk pembangkit listrik" ungkap Gubernur Irwan Prayitno di Ristorante Pizzeria 3 Pini Rovereto, Trento Italia, Rabu (4/12/2018).

Disamping menjajaki kerjasama soal energi angin untuk listrik di Sumbar, juga dibicarakan soal pengolahan limbah sampah yang dapat diolah menjadi energi baru dan terbarukan. 

Teknologi pengolahan sampah di Italia termasuk salah satu yang terbaik di dunia. Incinerator yang dianggap sebagai salah satu teknologi terbaik untuk pengolahan sampah, justru di Trento Italia telah dianggap sebagai teknologi kuno dan ketinggalan zaman. Hal itu disampaikan Ceffa Luca dari fihak ENTS kepada delegasi Sumbar pada saat diskusi yang dipandu oleh Sumber Sinabutar dari Kedutaan bersama Reni dari ITPC Milan.

Delegasi Pemprov Sumbar yang terdiri dari Kadis PMD, Kadis Perindag, Kadis Kebudayaan, Kadis PM PTSP, Biro Pembangunan Kerjasama dan Rantau serta Kepala Biro Humas Jasman Rizal, dipimpin oleh Gubernur Irwan Prayitno. 

Rombongan melakukan kunjungan kerja ke Italia mulai tanggal 3 Desember sampai  9 Desember 2018, dengan agenda antara lain misi kerjasama perdagangan, promosi budaya dan pariwisata, penjajakan kerjasama investasi dan pendidikan. 

Turut hadir mendampingi Kepala Pusat Fasilitasi Kerjasama Kemendagri, Nelson Simanjuntak.

#relishumaspemrovsumbar
#redaksi www.sumatrazone.co.id

 
Top