PADANG -- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Barat menggelar kegiatan "Capacity Building Wartawan dalam Rangka Ekspose Data Statistik BPS Provinsi Sumatera Barat dan Penandatanganan MoU BPS Sumbar dengan UIN Imam Bonjol", bertempat di Hotel Pangerans Beach, Padang, Rabu (12/12/2018).

Kepala BPS Sumbar, Dr. Ir. Sukardi, M.Si, dalam sambutannya di acara pembukaan menekankan bahwa penyebaran data ke masyarakat sangatlah penting dan sangat berpengaruh luas pada segala aspek.  

Berdasarkan undang-undang, urai Sukardi, tugas dan peranan yang harus dijalankan oleh BPS antara lain menyediakan kebutuhan data bagi pemerintah dan masyarakat. Data ini didapatkan dari sensus atau survey yang dilakukan sendiri dan juga dari departemen atau lembaga pemerintahan lainnya sebagai data sekunder. Kemudian membantu kegiatan statistik di departemen, lembaga pemerintah atau institusi lainnya dalam membangun sistem perstatistikan nasional. 


Tugas dan peranan lainnya yakni mengembangkan dan mempromosikan standar teknik dan metodologi statistik, serta menyediakan pelayanan pada bidang pendidikan dan pelatihan statistik.

Lainnya, yakni membangun kerjasama dengan institusi internasional dan negara lain untuk kepentingan perkembangan statistik Indonesia. 

Kegiatan yang dijadwalkan berlangsung mulai pukul 8.00 hingga 18.00 WIB ini dihadiri puluhan wartawan media cetak, elektronik dan online di Padang, Dekan UIN Ahmad Wira, serta sederet narasumber dari BPS pusat maupun Sumbar. 


Hingga berita ini diturunkan, kegiatan "Capacity Building Wartawan dalam Rangka Ekspose Data Statistik BPS Provinsi Sumatera Barat dan Penandatanganan MoU BPS Sumbar dengan UIN Imam Bonjol" masih berlangsung dan diikuti secara serius oleh para wartawan selaku sasaran kegiatan. 

(ede)
 
Top