PADANG -Mangumpuakan nan taserak sarato manjalin  silaturrahmi antaro warga perantau asal Kota Solok nan ado di Kota PadangHal inilah yang mesti dilakukan agar warga Kota Solok di Padang saling membantu dan turut mewarnai pembangunan di Kota Padang. 

Wakil Walikota Solok, Reinier Mulya Dt Intan Batuah, mengungkapkan hal tersebut setelah melantik pengurus Keluarga Besar Kota Solok (KBKS) Kota Padang, di aula Universitas Dharma Andalas Simpang, Minggu (20/1/2019).

"Kita tidak saja memiliki jumlah perantau yang besar di Kota Padang, tetapi memiliki potensi dan tokoh yang telah berkontribusi untuk negara dan Provinsi Sumatera Barat khususnya”," ungkap Reinier, didampingi 
Ketua Solok Saiyo Sakato (S3), Suwirpen. 

Menurut Reinier, Ketua KBKS Kota Padang, Dedi Diantolani, yang juga penjabat Sekretaris Dinas Perhubungan Sumbar memiliki peran penting menyatukan dan menjalin kekeluargaan antar wargaperantau asal Kota Solok yang ada di Kota Padang. 

“Perlu kiranya kita saling membantu dan menjalankan program kegiatan yang sifatnya membina, mengembangkan dan memunculkanpotensi-potensi perantau asal Kota Solok yang berdomisili di Kota Padang agar mewarnai, berbuat bagi kemajuan Kota Padang. Kami dari Pemko Solok titip warga asal Kota Solok yang ada di Kota Padang, yang tentunya diharapkan membina hubungan baik dengan perantau lainnya” ujar Reinier diamini Penasehat KBKS Kota Solok Dr Yunisfar.

Sementara itu, Ketua S3, H. Suwirpen menambahkan, KBKS merupakan unit organisasi yang dipayungi S3. Bahwa secara historis dan sosiologis warga Kota Solok juga merupakan warga Solok secara keseluruhan yang secara administratif pemerintahan telah dipecah ke dalam 3 daerah tingkat dua, yaitu Kota Solok, Kabupaten Solok dan Solok Selatan. 

Jika diurut asal usul warganya, maka 30 persen dari warga  Kota Padang  berasal  dari  Solok. Oleh  karena itu kegiatan  ini  diharapkan  mampu memberikan kontribusi baik buat Kota Padang dan Sumbar ke depannya. Sebab sejumlah tokoh lahir dari S3, mulai dari yang telah berbuat di tingkat nasional seperti mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi,  Mayjend Edmon Ilyas, mantan Wakil Gubernur Sumbar Prof Fachri Ahmad, serta mantan Dirut Bank Nagari Suryadi Asm, serta sejumlah tokoh lainnya.

“Kami berharap Dedi Diantolani serta sejumlah angkatan muda lainnya seperti Iswandi Rafki, Drg AffandoEkardo, Edi Hasymi, Budi Syahrial, Desrio Putra yang saat ini berkiprah di pemerintahan dan sejumlah partai politik dapat melanjutkan estafet kontribusi tokoh dari Solok Saiyo Sakato untuk nasional dan Sumatera Barat,” ungkap Suwirpen.

(rel/ede)
 
Top