Oleh: Prasetyo Budi #

DARI teman yang 5 tahun lalu bukan pemilih Jokowi, yang pada waktu itu mereka kontributif pada perolehan 23 persen suara Jokowi di Sumatera Barat, saya dapat rasionalisasi menarik. 

Kata teman tadi, Minangkabau itu berasal dari 2 kata, yakni Minang dan Kabaw. Minang berarti Menang; dan Kabaw artinya Kabar. Minangkabau bermakna Kabar Kemenangan. Oleh karenanya, orang Minang terasah dalam budaya yang rasional menganalisis keadaan, kemudian berada sebagai atau pada pihak yang menang dalam kompetisi apapun itu. Baik itu perdagangan bahkan politik.

Namun, katanya, tahun 2014 persisnya dalam moment Pemilihan (Pilpres), yang terjadi justru sebaliknya. Rang Minang berada pada pihak yang kalah, karena 77 persen lebih Prabowo menang di Sumatera Barat.

Tokoh-tokoh muda, salah satunya temanku itu, lalu melakukan analisa-analisa tentang kepemimpinan Jokowi. Sampai analisa paling rasional kuantitatif, yakni tentang kontribusi Jokowi di Sumatera Barat. Hingga pada akhirnya setahun lebih yang lalu, mereka memutuskan untuk mengambil langkah menaikkan persentase perolehan suara Jokowi di Ranah Minang. 

Temanku tadi beserta teman-temannya mulai menghidupkan organ-organ relawan hingga membangun konsolidasi antar organ relawan. Semangatnya gila! Bahkan tanpa support pendanaan struktural pun mereka bekerja siang malam mengelilingi 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat, di tengah kesibukan menunaikan tugas dan tanggungjawab sehari-hari. Apa motif mereka?

Komandan gerakan itu ternyata juga bukan calon legislatif. Walau beberapa ada yang nekad maju mencalonkan diri sebagai wakil rakyat. Secara praktis politis, bahkan mereka cenderung tidak mendapatkan manfaat. Karena mencaleg dengan jualan Jokowi di ranah minang, menurut banyak pihak, kurang strategis. Tapi mereka tetap lakukan itu dengan bersemangat. 'Kabar kemenangan itu harus bergaung pula dari ranah Minang pada 2019 ini'!. Begitu kira-kira argumen mereka.

Setahun lalu, saya melihat mereka seperti Creative Minority di ranah Minang ini. Namun kini, saya mulau melihat putik-putik hasil perjuangan mereka di ranah Minang.

Semangat Forlop Jokowi!

#Penulis adalah pemerhati politik, jurnalis dan juga seorang penulis yang menguasai desain dan teknik-teknik blogger


 
Top