f: dok.eramuslim
PADANG -- Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno mengklaim bahwa pihaknya terukur dan proporsional dalam menyikapi ancaman penyebaran virus Corona atau Covid-19. Sumbar tetap waspada, namun belum perlu meliburkan sekolah seperti DKI Jakarta.

Menurut politisi PKS ini, daerah lain seperti Jakarta dan Jawa Barat telah meliburkan sekolah, karena memang sudah ada korban yang meninggal karena Covid-19, makanya kebijakan itu diambil.

Sementara, untuk wilayah Sumbar, Irwan menegaskan belum separah daerah lain (soal Covid-19). Sehingga, sekolah belum perlu diliburkan. Meliburkan anak sekolah, katanya, akan merugikan para pelajar.

“Menurut saya, tidak perlu diliburkan, kebanyakan libur, nanti kasihan mereka, biar saja mereka sekolah,” ujar Irwan di Padang, Sabtu (14/3/2020).

Namun, Irwan menyarankan agar para pelajar menjaga kesehatan dan kebersihan fisik. Kalau demam, segera periksa ke dokter. Jika ada indikasi yang mengarah ke gejala Covid-19, itu akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ahmad Mochtar Bukittinggi.

“Kita sudah siapkan dua rumah sakit di Sumbar untuk rujukan pasien terpapar Covid-19,” ungkap Irwan.

Di dua rumah sakit tersebut, menurut Irwan, akan ditangani sesuai prototipe yang telah ditetapkan. “Kita di Sumbar, InsyaAllah hingga saat ini tidak ada masalah, kalau semakin terlihat serius, mungkin itu bisa dipertimbangkan,” jelasnya.

Irwan mengaku, tidak ingin terlalu over, karena melihat daerah lain.

Terkait penanganan wabah corona, ditegaskan Irwan, harus berpatokan pada daerah sendiri, bukan daerah lain. Ia mengimbau agar terus waspada dan bersiap jika ada kasus yang terjadi.

“Jika kasus itu sudah ditemukan di Sumbar, akan kita respon segera. Tapi, kalau belum, kita waspada. Semua telah dipersiapkan, seperti baju pengaman dan ruang isolasi,” katanya. 

(rki)
 
Top