PADANG -- Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno dalam salah pernyataannya pernah mengklaim bahwa pihaknya (Pemerintah Provinsi Sumatera Barat) terukur dan proporsional dalam menyikapi ancaman penyebaran virus Corona atau Covid-19. .

Menurut Irwan kala itu, Sumbar tetap waspada, namun belum perlu meliburkan sekolah seperti daerah lain seperti DKI Jakarta dan Jawa Barat yang telah mengeluarkan meliburkan sekolah karena memang sudah ada korban yang meninggal karena Covid-19. Sementara, untuk wilayah Sumbar, belum separah daerah lain (soal Covid-19), sehingga sekolah belum perlu diliburkan. Meliburkan anak sekolah, katanya, akan merugikan para pelajar.

“Menurut saya, tidak perlu diliburkan, kebanyakan libur, nanti kasihan mereka, biar saja mereka sekolah,” ujar Irwan Prayitno di Padang kala itu (Sabtu,14/3/2020-red). 

Pernyataan penuh rasa optimisme Gubernur Sumbar ini diberitakan oleh banyak mass media, lokal maupun nasional. 

BACA JUGA: Seorang Pasien Positif Covid-19 Meninggal di Semen Padang Hospital

Saat ini, kasus positif Covid-19 mulai mencuat di Provinsi Sumbar bahkan penyebarannya terbilang pesat hingga akhirnya pada pagi hari ini (Sabtu, 28/3/2020) seorang pasien positif Covid-19 di provinsi ini meninggal dunia di tengah upaya penanganan tim medis  Semen Padang Hospital (SPH). 

Melihat perkembangan terakhir, dimana jumlah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) bahkan kasus positif di Sumbar terus bertambah pasca Gubernur Sumbar mengumumkan secara resmi kondisi pasien Covid-19 di Sumbar ke khalayak luas (Kamis, 26/3/2020-red), maka sebagai langkah lanjut -- dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Provinsi Sumbar serta menindaklanjuti Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No.20 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 di lingkungan Pemerintah Daerah--, Pemprov Sumbar melaksanakan pengadaan tenaga kesehatan Tanggap Darurat Covid-19 Provinsi Sumbar yang akan ditempatkan pada pusat-pusat karantina yang berada di Kota Padang dan Kota Bukittinggi. 

BACA JUGA: Sumbar Tunggu Pelajar Terjangkit Covid-19 Dulu, Baru Liburkan Sekolah

Berikut pengumuman open rekruitmen tenaga kesehatan Tanggap Darurat Covid-19 Provinsi Sumbar, seperti dirilis Biro Humas Setdaprov Sumbar di group WA Warga Berita Online (WAG yang diinisiasi Divisi Siber Forum Eksekutif Media), Sabtu (28/3/2020) malam, ditayangkan www.sumatrazone.co.id secara utuh.

(redaksi)









 
Top