f: ist
KELURAHAN Ulak Karang Utara  (UKU) berhasil meraih peringkat Juara Umum pada Lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-39 tingkat Kecamatan Padang Utara tahun 2020.

Atas keberhasilan tersebut, Lurah UKU Bambang Adirus Cahya menghaturkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim MTQ UKU yang telah bekerja keras sehingga berhasil memperoleh peringkat Juara Umum, meskipun tim kelurahan tetangga yakni Lolong Belanti juga cukup diperhitungkan dalam setiap iven keagamaan di wilayah Kecamatan Padang Utara.

Tak lupa, melalui sejumlah awak media yang mewawancarinya usai pengumuman pemenang, Bambang juga menghaturkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah ikut serta mensukseskan MTQ tingkat Kecamatan Padang Utara. 

Kebanggaan Segenap Warga UKU


Lebih lanjut diungkapkan Bambang, keberhasilan yang diraih Tim MTQ UKU merupakan kebanggaan segenap warga Kelurahan UKU. "Diharapkan ke depannya, prestasi yang telah diraih bisa terus dipertahankan bahkan ditingkatkan," ujar Bambang penuh semangat.

Satu hal yang menurutnya jauh lebih penting dibanding sukses di ajang lomba MTQ ini, yakni bagaimana kita selaku hamba-Nya senantiasa menjadikan Al-Quran sebagai pedoman dalam kehidupan.

Lomba MTQ ke-39 tingkat Kecamatan Padang Utara yang diselenggarakan di shelter tsunami Kelurahan UKU ditutup secara resmi oleh Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kota Padang, Amriman, Minggu (15/3/2020). 

Dalam sambutannya, Kabag Kesra Amriman mengatakan, lomba MTQ yang dilaksanakan ini merupakan MTQ keempat tingkat kecamatan yang digelar di Kota Padang. Sebelumnya juga telah dilaksanakan lomba MTQ di Kecamatan Lubuk Kilangan, Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan Pauh.

“Pelaksanaan MTQ akan dilaksanakan di seluruh kecamatan. Kita menargetkan pelaksanaan MTQ ini dapat selesai sebelum bulan Ramadhan,” ujarnya.

Ia menambahkan,  melalui perlombaan MTQ ini diharapkan dapat membumikan semangat membaca Alquran di Kota Padang. Dimana, Pemerintah Kota Padang telah melaunching Padang sebagai Kota Penghafal Quran pada 2015 lalu.

“Kita tentunya berharap, melalui perlombaan MTQ ini akan lahir qori dan qoriah terbaik, yang nanti kita persipkan untuk perlombaan MTQ tingkat Nasional 2020. Dimana Sumatera Barat sebagai tuan rumah,” harapnya.

Sementara itu, Camat Padang Utara, Fajar Sukma, mengatakan, pelaksanaan MTQ yang berlangsung semenjak 13 sampai dengan 15 Maret 2020 Alhamdulillah berjalan lancar dari awal hingga akhir. 

BACA JUGA: Gebrakan Kreatif Camat Baru, Gelar MTQ di Shelter Tsunami

“Atas nama pemerintah kecamatan, kami memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana. Semoga jerih payah saudara semua dibalas Allah dengan pahala berlipat ganda,” tandasnya.

Ia menambahkan, dengan selesainya lomba MTQ ini diharapkan minat baca Alquran semakin meningkat terutama di kalangan generasi muda. Jangan sampai Alquran hanya dibaca ketika ada perlombaan, ketika ada kematian atau kegiatan-kegiatan tertentu saja.

"Usai MTQ ini, mari kita tingkatkan minat baca Al-Qur'an. Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur'an itu bisa menentramkan hati dan menjauhkan diri kita dari mara bahaya," ajak Fajar Sukma.

Ia juga menghaturkan selamat dan sukses kepada para pemenang lomba. "Semoga prestasi yang baik ini dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan lagi,” ungkapnya.

Sementara bagi yang belum berhasil ia berharap supaya jangan bersedih atau berputus asa. "Anggap saja sukses yang tertunda," tutupnya

Berikut susunan lengkap pemenang Lomba MTQ ke-39 tingkat Kecamatan Padang Utara: 

  • Kelurahan Ulak Karang Utara (UKU) / Juara Umum
  • Kelurahan Lolong Belanti / Peringkat II
  • Kelurahan Gunung Pangilun / Peringkat III
  • Kelurahan Ulak Karang Selatan (UKS) / Peringkat IV 
  • Kelurahan Air Tawar Barat (ATB) / Peringkat V 
  • Kelurahan Air Tawar Timur (ATT) / Peringkat VI
  • Kelurahan Alai Parak Kopi / Peringkat VII


(ede)
 
Top