f: dok.infopublik
PADANG -- Dampak semakin meluasnya sebaran virus corona di Indonesia, pelaksanaan Penas KTNA XVI 20-25 Juni di Padang dan Padang Pariaman terancam ditunda. Hal itu terungkap dalam rapat evaluasi persiapan Penas KTNA XVI di palanta kediaman resmi Walikota Padang, Senin (16/3/2020). 

Kendati demikian, Pemko Padang tetap maksimal mempersiapkannya dengan selalu melakukan evaluasi.

Wakil Walikota Padang, Hendri Septa mengatakan, kendati terancam diundur namun Gubernur Sumatera Barat akan ke Jakarta berkoordinasi dengan Kementerian Pertanian untuk menentukan kepastian diundur atau tidaknya iven nasional yang sebelum ini sempat terancam batal digelar di Kota Padang tersebut.

“Walaupun ada kemungkinan diundur, namun kita dari Pemko tak kehilangan semangat untuk mempersiapkan secara maksimal hingga kini,” ungkap wawako.

Menurutnya, event organizer (EO) pelaksana Penas KTNA XVI pun siap bila iven nasional tersebut diundur sehingga tak ada masalah bila ada kemungkinan buruk kegiatan berskana nasional tersebut terundur.

Persiapan Lebih dari 50 Persen

Pada tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian Padang, Syahrial Kamat mengatakan, persiapan Padang selaku salah satu tuan rumah penyelenggara Penas KTNA XVI tersebut telah lebih dari 50 persen.

Dikatakannya, tinggal kini pengerasan beberapa lahan saja yang akan dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum. “Padang sangat siap melaksanakan Penas KTNA XVI tersebut sesuai jadwal atau diundur,” ujar Syahrial.

Peserta yang bakal hadir di ajang Penas KTNA XVI nanti diperkirakan 25 hingga 35 ribu orang dari semua provinsi. Untuk pemondokan peserta pun sudah dinyatakan oke dan sudah pula didatangi langsung oleh utusan provinsi yang akan menempatinya.

Dijelaskan Syahrial, rangkaian kegiatan dalam Penas KTNA XVI tersebut meliputi rembuk utama dan madya, temu profesi, temu petani ASEAN dan penyuluh di Padang karena gedung pertemuan serta hotel dengan kapasitas hingga 3.000 orang ada di Padang.

Selanjutnya pameran pembangunan pertanian dan perikanan, ekspo aqua culture, kontes ternak, ekspo kontes hortikultura, temu usaha agribisnis di Padang Pariaman.

Lalu gelar teknologi, temu teknologi, temu karya, studi banding di Padang Pariaman. Selanjutnya karya wirausaha petani dan nelayan, out bond, seni budaya digelar di Padang dan Padang Pariaman.

Temu teknis, rapat pimpinan Kementerian Pertanian, Lingkungan Hidup, Perikanan di Padang dan kesekretariatan di Padang Pa-
riaman.

Pemko Padang sudah menganggarkan
dana Rp79 miliar dan sangat siap menjadi tuan rumah Penas KTNA XVI.

(*/oel)
 
Top