PASAMAN, SUMBAR-- Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Pasaman, Komandi Distrik Militer (Kodim) 0305/ Pasaman beserta instansi terkait lainnya meninjau Posko Aman Nusa II Penanganan dan Antisipasi Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Pasaman. 

"Peninjauan posko ini akan menambah kewaspadaan dan antisipasi terhadap penyebaran Corona Virus yang masuk melalui setiap wilayah perbatasan dan tempat keluar masuk Kabupaten Pasaman, seperti di perbatasan Sumbar dan Sumut,” ujar Kapolres Pasaman, AKBP Hendri Yahya, SE, usai pelaksanaan kegiatan, Senin (23/03/2020).

BACA JUGA: Kapolres Hendri Yahya Bagikan Hand Sanitizer... 

Lebih lanjut, sosok yang pernah sukses memimpin Polres Kepulauan Mentawai ini, menjelaskan, di posko gabungan tersebut salah satu penekanannya adalah saling bekerjasama dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona, khususnya menjaga pintu masuk ke Kabupaten Pasaman. Seperti, perbatasan kabupaten Pasaman dengan Kabupaten Mandailing Natao atau Madina, kemudian perbatasan Mapat tunggul dengan Riau,” papar Hendri Yahya. 

Khusus di wilayah perbatasan, terutama di Kecamatan Rao, Posko Gabungan Aman Nusa II akan menurunkan tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman untuk melakukan pemeriksaan kesehatan atau cek suhu tubuh setiap penumpang atau pengendara yang akan masuk ke wilayah Kabupaten Pasaman.

BACA JUGA: Polres Pasaman Produksi Sendiri Hand Sanitizer...

“Semua yang melintasi perbatasan ini akan diperiksa oleh tim kesehatan sesuai prosedur. Kecuali bus besar yang melintas, hanya disemprot bagian mobil saja,” tambahnya. 

Kapolres Pasaman juga menyampaikan jika pihaknya sudah memerintahkan kepada semua Kapolsek sejajaran Polres Pasaman untuk melakukan pendataan di wilayah hukum masing-masing, terutama menjelang Ramadhan yang menjadi kebiasaan masyarakat kembali berkumpul dengan keluarganya.

BACA JUGA: Jajaran Polda Sumbar Gencar Sosialisasi Maklumat Kapolri Terkait Covid-19

Polres Pasaman sangat mengharapkan peran serta dukungan masyarakat  dalam upaya mencegah dan menangani penyebaran Covid-19. 

"Kami mengimbau agar masyarakat menjauhi tempat keramaian untuk sementara waktu. Sebab, virus corona ini penyebarannya cukup cepat. Tetap menjaga pola hidup sehat agar terhindar dari virus Corona,” tutupnya.

(ede)
 
Top