PEKANBARU -- Sebanyak lebih dari 2000 kendaraan dinas plat merah di Provinsi Riau menunggak pajak. Terbanyak berada di Pekanbaru. Nilainya mencapai miliaran rupiah. 

"Ada lebih dari dua ribu kendaraan plat merah belum membayar pajak. Terbanyak di Pekanbaru," ungkap Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Riau, Herman, Sabtu (3/10/2020).

Namun menurut Herman, khusus di Pekanbaru tersebut, termasuk kendaraan dinas di Pemerintah Provinsi Riau serta instansi vertikal. 

"Saya kebetulan tak membawa data, tapi ini sebagai gambaran saja. Kebetulan Pekanbaru terbanyak, tapi sudah termasuk provinsi dan instansi vertikal," jelas Herman.

Sebanyak 2.000 lebih kendaraan dinas yang masih menunggak pajak tersebut, mestinya bisa menjadi potensi pendapatan. Terlebih ditengah pandemi Covid-19, banyak sektor-sektor pendapatan yang tidak bisa dimaksimalkan. 

Karena itu tegas Herman, Bapenda Riau dalam waktu dekat akan memberikan sosialisasi berupa imbauan, agar kendaraan plat merah dapat dibayarkan pajaknya dengan dianggarkan di APBD Perubahan 2020.

"Kita akan mengimbau kepada pemerintah kabupaten/kota agar dapat melaksanakan kewajibannya, dengan menganggarkannya khususnya di APBD Perubahan. Sehingga kewajiban pembayaran bisa dilakukan," ujar Herman.

Dengan begitu, program pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan pemotongan sebesar 50 persen untuk Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) bisa dimanfaatkan, yang telah diperpanjang hingga 15 Desember mendatang.

Sebelumnya, program pemutihan PKB dan pemotongan 50 persen untuk BBNK dilaksanakan pada 1 September hingga 30 September lalu.

Herman lalu mencontohkan Pemerintah Kabupaten Meranti. Jumlah tunggakan pajak kendaraan plat merah yang harus dibayar sebesar hampir Rp500 juta, sementara untuk  dendanya hampir Rp300 juta. 

"Berartikan denda Rp300 juta itukan bisa dihilangkan. Mereka cukup membayar pokoknya saja sebesar Rp500 juta tadi. Ini sebagai gambaran juga, begitu juga daerah lainnya. Karena itu, manfaatkanlah program pemutihan pajak ini" papar Herman lagi.

(fad/ayi)
 
Top