AGAM, SUMBAR – Kebakaran hebat melanda Pasar Baso di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat, dinihari tadi (Selasa, 14/9/2021), sekira pukul 02.30 WIB). Si jago merah menghanguskan sedikitnya 24 kios aktif di pasar tersebut.

Kapolres Bukittinggi AKBP Dody Prawiranegara, merinci, kebakaran menghanguskan sebanyak 3 (tiga) blok kios, yang masing-masingnya terdiri dari 8 kios aktif berukuran 3 x 3 meter. Total keseluruhan, 24 kios yang terbakar di pasar yang persisnya terletak Nagari Tabek Panjang, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam tersebut.

Adapun yang terbakar, bebernya kepada awak medis setempat, Selasa (14/9/2021) pagi, meliputi kios kain, PMD, eletronik, kasur, pecah belah, pupuk dan santan kelapa.

Menurut keterangan salah seorang saksi dari kalangan pemilik kios, ketika sedang menuju arah pulang ke rumahnya yang tak jauh dari pasar, ia melihat api sudah membakar atap bangunan salah satu kios. Selanjutnya api mulai merambat lalu  membakar belasan kios lainnya.

Sekitar pukul 04.30 WIB api dapat dipadamkan oleh 7 unit mobil pemadam kebakaran. TIga unit dari Kabupaten Agam, dua dari Kota Bukittinggi, satu dari Kota Padangpanjang dan  satu lainnya dari Kota Payakumbuh.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Hingga berita ini diturunkan, tim Inafis Polres  Bukittinggi masih melakukan olah TKP. 

Kerugian yang timbul akibat kebakaran hebat Pasar Baso ini ditaksir sekira 2,5 miliar. Yang melegakan, tak jatuh korban jiwa.

#bin/oel







 
Top