PADANG -- Nanda Satria terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Provinsi Sumatera Barat (KNPI Sumbar-red) Periode 2021 - 2024. Ia menggantikan ketua periode terdahulu, Fadly Amran, dalam Musyawarah Daerah Provinsi (Musdaprov) ke XV, Senin (8/11/2021).

Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI) Sumbar Demisioner, Defika Yufiandra menegaskan bahwa Nanda adalah ketua KNPI Sumbar yang terlegitimasi secara sah.

BACA JUGA: Denyut Kontraksi Alot Antar Top Organisasi KNPI Beda Versi Mengendur Setiba Ranah Minang

Dengan terpilihnya Nanda, Defika mengingatkan bahwa KNPI Sumbar adalah satu, sebab memiliki turunan serah terima jabatan yang jelas sejak era Marzul Veri, Adib Alfikri, dirinya sendiri, Fadly Amran, lalu Nanda Satria.

“Artinya apa? dengan terpilihnya Nanda ini sudah menegaskan bahwa KNPI Sumbar ini cuma satu, baik itu dari jaman Marzul Veri hingga ke Nanda sekarang. Soal dualisme, itu bukan hal yang kita benarkan,” tegasnya.

Ia juga menyampaikan bahwa tidak ada dualisme dalam tubuh KNPI Sumbar. Siapapun yang terpilih lewat jalur Musda yang dilaksanakan oleh Fadly Amran beserta jajaran pengurus KNPI Sumbar Periode 2018-2021, itu lah pemimpin KNPI Sumbar yang terlegitimasi.

Selain berharap agar Nanda bisa merangkul semua lini di KNPI Sumbar, ia juga meminta agar Nanda bisa membentuk posisi tawar demi bisa menyatukan kembali KNPI.

“Demikian harapan saya. Lalu saya juga meminta agar Nanda bisa menyingkronkan kegiatan KNPI Sumbar dengan Organisasi Kepemudaan yang berada di bawah naungan KNPI, DPD KNPI dan pemerintah daerah sendiri. Sebab KNPI tidak mengurusi perorangan tapi lebih kepada mengakomodir 67 OKP dan 19 DPD KNPI yang ada di Sumbar,” katanya.

BACA JUGA: Musdaprov XV DPD KNPI Sumbar Digelar di Hotel Truntum Padang

Mantan Ketua KNPI Sumbar, Fadly Amran menilai, Nanda Satria terpilih lewat proses demokrasi yang sah dan dirinya menghargai semua proses tersebut.

“Nanda adalah kader yang terpilih secara demokrasi organisasi. Ini lah sosok yang kita harapkan, artinya kita menghargai semua proses yang telah diijalani Nanda,” kata Fadly usai pemilihan.

Baginya, Nanda adalah sosok yang adaptif dan bisa bertanggung jawab terhadap organisasi KNPI secara keseluruhan.

“Saya menilai Nanda adalah sosok yang adaptif, cepat dekat dengan senior serta organisasi kepemudaan. Saya minta pertahankan itu,” ujar Wali Kota Padang Panjang tersebut

Dalam momen Musdaprov XV, DPD KNPI Sumbar memberikan penghargaan kepada kepala daerah dan tokoh peduli pemuda. Mereka antara lain Wakil Gubernur Audy Joinaldy, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswif, Wali Kota Padang Hendri Septa, Wakil Bupati Kepulauan Mentawai Kortanius Sobeleake serta nggota DPR RI 
Guspardi Gaus dan Athari Gauthi.

Dengan menjadi pucuk pimpinan tertinggi di KNPI Sumbar, Nanda diharapkan bisa menjalankan roda organisasi dengan baik dan membuat program sesuai aturan yang tertera dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) KNPI Sumbar.

“Jalani jalur organisasi, baik itu kegiatan raker dan semua kegiatan yang diatur dalam AD/ART, serta kami meminta Nanda untuk mengayomi OKP dan juga DPD tingkat 2 supaya suara pemuda direpresentasikan oleh KNPI,” ujarnya mengingatkan. 

Di sisi lain, Fadly juga berharap agar Nanda bisa menjalin komunikasi dengan pemerintah agar KNPI bisa memberikan kontribusi terhadap program-program pemerintah daerah.

“Jalin komunikasi dengan pemerintah, sebab bagi saya pemuda harus hadir dan berkontribusi terhadap program-program kepemerintahan,” tandasnya.

#pkt/red




 
Top