JAKARTA – Sebagai bentuk kepedulian terhadap dunia pendidikan di Tanah Air, Sekolah Literasi Indonesia Dompet Dhuafa (SLI DD) telah menuntaskan tugasnya di enam sekolah di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan. Tuntasnya tugas ini menandakan berakhirnya masa bakti dua orang pendamping sekolah, yakni Forta Oktariansyah dan Rizal Ginanjar Ramadhan yang telah mengemban tanggungjawab selama satu tahun.

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sumsel Kusworo Nursidik, Lc. mengatakan berakhirnya program LSI di Sumsel bukan berarti DD berhenti fokus terhadap dunia pendidikan, melainkan akan disambung dengan program tahap kedua yang kini tengah dipersiapkan di LSI Bogor. Program SLI sendiri telah berjalan sejak Februari 2017 dan berakhir Februari 2018.

“SLI adalah salah satu program Dompet Dhuafa Sumsel dalam bidang Pendidikan. Dimana program ini adalah bentuk penyaluran dari dana ZIS, tentu bisa berjalan dengan baik jika kita semua bekerjasama untuk memakukan setiap programnya,” jelas Kusworo dalam acara “Sosialisasi Hasil dan Penarikan Pendamping SLI DD Sumsel” di Kantor Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Dinas Sosial, Kab Ogan Ilir, Selasa (13/2/2018)

Di tahun ke dua pendampingan, kata Kusworo nantinya bakal ada follow up terhadap 6 sekolah dan pendampingan selama 1 tahun ke depan. Sementara itu, Kabid TK-SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Ogan Ilir, Hasan Riadi, S Pd, sangat mengapresiasi program SLI karena mampu meningkatkan performa sekolah.

“Enam sekolah yang telah dilakukan pendampingan, kini performa sekolahnya sangat meningkat. Ibaratkan dulu kita hanya berjalan, berkat program SLI ini kini Kita berlari dalam meningkatkan kualitas pendidikan,” ungkap Hasdan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kab Ogan Ilir, Nelson S Pd yang mengaku kagum dengan program SLI DD Sumsel.

“Saya kaget sekali melihat langkah besar yang dilakukan Dompet Dhuafa Sumsel dalam peningkatan mutu Pendidikan, kalau bisa saya justru men-support seluruh madrasah di Ogan Ilir ini untuk juga diadakan pendampingan program SLI ini,” jelasnya.

SLI sendiri merupakan model sekolah berbasis masyarakat yang berkonsentrasi pada peningkatan kualitas sistem instruksional. Termasuk di dalamnya, pembelajaran dan pengembangan kultur sekolah dengan kekhasan literasi yang kental yang bertujuan mengembangkan kemandirian sekolah.

Dompet Dhuafa is an organization in Special Consultative Status with the Economic and Social Council of the United Nations since 2016. Established on 3 July 1993, Dompet Dhuafa becomes a leading non-profit organization in Indonesia which raises dignity and devotion of humanity to help less fortunate people by utilizing Zakat funds, infaq, charity and waqf / endowment funds (ZISWAF) as well as other social funds that are halal (lawful and permissible) from individuals, groups, institutions and companies through economic, health, education and social development program.

(rel/ede)
 
Top