SOLOK, SUMBAR -- Danau Singkarak yang terletak di Kabupaten Solok, adalah sebuah danau dengan luas 107,8 km². Danau yang membentang di dua kabupaten yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar ini, merupakan danau terluas ke-2 di pulau Sumatera. 

Kemolekan panorama Danau Singkarak, dipastikan bakal mampu menyedot perhatian 95 pebalap yang tersisa di etape ke III TDS 2018, Selasa (6/11/2018).

Start pada pukul 10.00 WIB di Dermaga Singkarak dan finish di Istano Basa Pagaruyuang, Kabupaten Tanah Datar pada pukul 13.41 WIB, seluruh pebalap yang tersisa, diyakini tidak hanya berpacu menjadi yang tercepat. Namun, juga akan berpacu menikmati suguhan keindahan alam Danau Singkarak. 

Selain merupakan objek wisata potensial Kabupaten Solok dan Tanah Datar, Danau Singkarak juga sudah menjadi ikon dari sport tourism TdS. Setiap tahun, angka kunjungan wisatawan di objek wisata ini terus meningkat.

Tidak hanya itu saja, dimasing-masing titik atau rute yang dilintasi seperti di, Saniang Baka, Batu Taba, Simpang Kubu Karambia, Simabur, Pasar Batusangkar, Gedung Indojalito, dan Gedung Nasional, juga menawarkan keindahan dan kearifan lokal yang beragam. 

Etape ke III hanya diikuti 95 pebalap, lantaran pada etape sebelumnya, ada dua pebalap yang tidak ikut start. Lima pebalap keluar di tengah jalannya perlombaan dan dua pebalap lagi didiskualifikasi.

Dua titik King Of Mountain yang terdapat di kawasan Malalo dan Batipuh, serta tiga titik sprint masing-masing di Malalo, Batipuh dan terakhir di Pagaruyuang, menjadi rintangan yang harus dilalui setiap pebalap. Mereka akan beradu cepat dan kuat untuk menyabet gelar raja sprint dan raja tanjakan di etape ini.

(rel/ede)
 
Top