INTERNET merupakan kebutuhan bagi semua manusia sering dengan berkembangnya zaman. Berkat adanya internet, jarak bukanlah menjadi penghalang bagi manusia untuk berbagi informasi atau sekedar menanyakan kabar. Internet berkembang sangat pesat di abad milenial ini. 

Internet membuat proses penyampaian informasi menjadi sangat cepat. Awalnya internet hanya digunakan sebagai media penyampaian informasi layaknya televisi dan radio, tetapi kini internet menjadi sangat interaktif karena masyarakat dapat membagikan informasi sendiri tanpa menunggu informasi yang disediakan oleh industri media. 

Seiring berkembangnya teknologi, media massa konvensional dan online saling berhubungan dan bekerjasama atau biasa disebut dengan istilah konvergensi media.

Konvergensi media adalah bergabungnya berbagai media seperti radio, televisi, surat kabar dan internet menjadi satu untuk diarahkan ke suatu media tunggal. 

Konvergensi berasal dari bahasa inggris yaitu convergence yang berarti bersatu atau persatuan, sedangkan media adalah sarana penghubung dalam menyampaikan informasi. 

Konvergensi media disebabkan karena perkembangan teknologi komunikasi digital terutama internet, jadi selama internet masih terus berkembang tidak menutup kemungkinan bahwa konvergensi media juga berkembang karena internet merupakan media tumbuh dan berkembangnya konvergensi media. Hal ini membawa dampak positif maupun dampak negatif  karena tergantung oleh masing -- masing individu dalam menyikapi perkembangan ini. 

Dampak positif dari adanya konvergensi media adalah memungkinkan terjadinya perluasan cakupan dalam skala kecil maupun skala besar. Selain itu, adanya konvergensi media juga membawa perluasan jaringan hingga perluasan interaksi yang muncul, dan membuat media lama dan media baru saling berinteraksi dan saling berdampingan. Dampak negatif dari adanya konvergensi media adalah mengubah gaya hidup masyarakat saat ini. 

Sebagai contoh adanya konvergensi media ialah saat ini kita dapat mengakses berita dari media mana saja yang dengan mudah dapat kita jangkau seperti youtube dan banyak pula website yang melaporkan berita lokal maupun internasional. Contoh lain ialah ponsel, saat ini ponsel sudah dibekali fitur - fitur canggih seperti music player, kamera dan aplikasi aplikasi yang sudah terhubung ke internet sehinggah memudahkan kita untuk mengakses semua yang kita butuhkan dan kita inginkan.

Selain sebagai media informasi, adanya konvergensi media juga berdampak positif bagi siswa sampai mahasiswa untuk menggali informasi. Saat ini sudah banyak aplikasi -- aplikasi yang ada di handphone yang bekerjasama dengan perusahaan penyedia jasa untuk belajar. Di aplikasi tersebut sudah ada bagaimana rumus -- rumus, cara cepat untuk mengerjakan, soal -- soal latihan bahkan materi -- materi juga sudah disediakan. 

Di tahun milenial ini, internet merupakan kebutuhan bagi sebagian besar  orang dan semua orang telah mengenal internet. Kita dapat mengakses apapun yang kita inginkan, kita bisa membagikan apapun yang kita mau walaupun sekedar membagikan cerita hidup, hobby dan masih banyak lagi. 

Pada zaman dulu, media hanya memuat berita -- berita lokal, hal ini tentu bertolak belakang dengan saat ini dimana kita bisa melihat berita internasional yang dapat kita akses melalui youtube maupun aplikasi -- aplikasi lain yang ada di handphone

Konvergensi media juga berdampak besar bagi kehidupan manusia terutama dibidang komunikasi, berkat adanya konvergensi media dan internet semua kalangan manusia dapat mengetahui informasi dan kejadian -- kejadian yang terjadi di seluruh penjuru dunia. Semua berita disediakan di internet, semua orang saling berbagi informasi yang membuat kita lebih bisa meng-explore dunia. Banyak pengetahuan baru yang bisa kita dapatkan.

#Penulis adalah mahasiswa ilmu komunikasi



 
Top